2019-11-25 10:42:34

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BUDGETING MELALUI APLIKASI MONEY MANAGER DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG



Citra Mulya Sari peserta  pelatihan dasar (Latsar) CPNS Golongan III Kementerian Agama Angkatan ke-27 mengambil judul aktualisasi : “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Budgeting Melalui Aplikasi Money Manager di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung” .



Menurut Citra Mulya Sari,  dari hasil pengamatannya selama mengajar, mayoritas mahasiswa kesulitan dalam menjawab soal-soal yang bersifat studi kasus yang terkait dengan perencanaan keuangan, di mana mereka belum memahami materi dan mengembangkan teori-teori yang ada dan mengaitkan dengan kondisi perekonomian di Indonesia. Dalam pandangannya, hal itu disebabkan oleh kurang efektifnya proses pembelajaran sehingga mahasiswa tidak terdrong untuk menghubungkan materi kuliah dengan kehidupan sehari-hari, misalnya dalam perencanaan keuangan bulanan. Oleh karena itu  penggunaan money manager diharapkan mampu  memahamkan para mahasiswa terhadap materi budgeting selanjutnya mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.



Tujuan dari kegiatan tersebut adalah  untuk menerapkan nilai-nilai dasar PNS dan mengedukasi mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Tulungagung bahwa aplikasi money manager dapat digunakan dalam perencanaan keuangan.



Dari kegiatan tersebut terdapat nilai-nilai ANEKA (akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi). Untuk nilai akuntabilitas  diperoleh sikap transparan dalam konsultasi dan menyampaikan informasi kepada mentor. Nilai nasionalisme ditunjukkan dari  senantiasa bermusyawarah dengan mentor, etika publik ditunjukkan dari komunikasi yang sopan dengan mentor; komitmen mutu diperoleh dari inovasi dalam menyampaikan core isu, sedangkan anti korupsi ditunjukkan dari sikap tanggung jawab dalam melaksanakan tugas aktualisasi.



Dari analisis kriteria isu menggunakan analisis AKPK (aktual, kekhalayakan, problematika dan kelayakan) diperoleh kesimpulan bahwa ‘Belum Optimalnya Kualitas Pembelajaran Budgeting di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung”



 ditetapkan sangat kuat pengaruhnya dibanding isu lain. Sedangkan dilihat dari kualitas isu dengan analisis USG (Urgency, Seriousness, Growth), diperoleh kesimpulan bahwa “Belum Optimalnya Kualitas Pembelajaran Budgeting di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung” ditetapkan menjadi isu dengan kualitas tertinggi dibanding isu lain, sehingga isu tersebut layak dijadikan isu utama.