Berita


Redaktur Web
2020-11-07 13:57:40
Peserta Latsar Ikuti Latihan Dasar Intelijen pada Materi Kesiapsiagaan Bela Negara

BDKSURABAYA – Setelah mengikuti latihan bbaris berbaris dan tata uapacara sipil pada hari sebelumnya, peserta Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II dari Pemkab Pasuruan dan Golongan III dari Pemkab Jombang mengikuti materi kesiapsiagaan bela negara dalam bentuk latihan dasar inteligen. Latihan tersebut bertempat di Kodam V Brawijaya Surabaya (07/11/2020).


Materi yang disampaikan oleh Tim Batalioan Infantri Raider 500 / Sikatan Kodam V Brawijaya Surabaya yang dikomandani Iskak Sukarman tersebut diisi dengan  ceramah dalam ruangan dan berlanjut dengan latihan dasar intelijen di luar ruangan.


Pelaksanaan kegiatan di lapangan diawalai dengan pembentukan kelompok kecil  beranggotakan 8 peserta. Tiap kelompok diberi tugas oleh tim pengajar untuk menyusuri  rute yang telah ditentukan dan berhenti pada tiap pos penjagaan. Tugas tersebut  semacam  latihan dasar intelijen, di mana setiap anggota kelompok dilarang membocorkan tugas rahasianya kepada kelompok lain. Tugas intelijen tersebut tak  boleh dicatat melainkan harus dihafalkan dan direkam di dalam otak. Usai menyusuri rute yang telah ditentukan, tiap kelompok diminta untuk melaporkan keberhasilan tugasnya.


Semoga dengan latihan tersebut para peserta mempunyai sikap dan perilaku bela negara sesuai dengan tujuan  pembelajaran agenda pertama, yaitu Agenda  Sikap dan Perilaku Bela Negara, hingga ke depan terbentuk PNS yang  mempunyai wawasan kebangsaan dan  menerapkan nilai-nilai  bela negara dalam menjalankan profesinya. Semoga. (AF).