Berita


Redaktur Web
2021-04-12 12:22:34
Peserta Latsar Antusias Ikuti Materi Anti Korupsi

BDKSURABAYA-  Anti korupsi menjadi materi  yang wajib diberikan kepada peserta pelatihan dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil. Dengan diberikan materi tersebut  diharapkan peserta menyadari dampak perilaku pidana korupsi sehingga diharapkan mampu menghindarkan diri dari perilaku korupsi dan kut andil dalam membangun lingkungan yang berintegritas. (12/04/2021).


Menurut Andiek Widodo,  widyaiswara yang mengajar materi anti korupsi, tujuan dari materi tersebut adalah 1) peserta mampu menjelaskan dampak dari perilaku tindak pidana korupsi; 2) memahami pengertian korupsi; 3) mengenali delik-delik tindak pidana korupsi yang berlaku di Indonesia; 4) memiliki niat, semangat dan komitmen melakukan pemeberantasan korupsi; 5) membuat impian Indonesia yang bebas dari korupsi.


Dalam penjelasannya, korupsi akan berdampak negatif pada seluruh aspek kehidupan, seperti adanya kerusakan hutan dan lingkungan, lemahnya penegakan hukum, layanan publik yang lama dan tidak profesional, merebaknya perdagangan narkoba, kekayaan alam yang tidak bisa dimanfaatkan secara optimal, ketimpangan sosial,  rusaknya harmoni sosial, hilangnya kepercayaan asing dan dampak buruk lainnya . Fenomena tersebut dapat muncul seiring dengan merebaknya perilaku korup aparat negara.


Untuk itu, ia menekankan pentinya komitmen anti korupsi pada peserta pelatihan yang notabene  sebagai aparatur negara. Diharapkan dengan komitmen tersebut akan terbentuk aparatur yang bersih dari korupsi dan berorientasi pada pelayanan publik.


Terlihat para peserta Latsar antusias dan  bersemangat mengikuti materi yang disampaikan widyaiswara. Proses pembelajaran tersebut berlangsung dengan pendekatan andragogi mealui teknik  role playing, diskusi dan penugasan.(AF).