Berita


Redaktur Web
2020-05-28 13:41:07
Mulai 16 Juni Mendatang, BDK Surabaya Adakan Pelatihan Jarak Jauh

BDKSURABAYA -  Setelah sempat terhenti, tidak ada kegiatan sejak pertengahan Maret 2020, Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya berencana menyelenggarakan kegiatan pelatihan pada 16 Juni mendatang.  Kali ini model pelatihannya  berbeda dengan bulan dan tahun sebelumnya. Jika pada  dua bulan pertama  tahun 2020 dan tahun-tahun  sebelumnya pelatihan diselenggarakan di kelas secara fisik, di mana proses pembelajaran berlangsung dengan  tatap muka di kelas,  namun saat ini dan pada bulan-bulan mendatang model pelatihannya akan lebih banyak  berupa pelatihan jarak jauh  (e-learning) dengan memanfaatkan teknologi informasi.(28/05/2020).


Menurut Kepala BDK Surabaya, Muchammad Toha, di tengah menghadapi wabah covid-19  pelatihan jarak jauh menjadi solusi ideal bagi lembaga pelatihan  pemerintah agar tetap memberikan pelayanan terbaik  kepada masyrakat, “Wabah covid-19 jangan sampai menghentikan kita untuk memberikan  pelayanan pelatihan kepada masyarakat, maka lembaga ini harus hadir dan menjalankan peran dan fungsinya sebagai lembaga yang siap meningkatkan kompetensi bagi Aparatur Sipil Negara dalam kondisi apapun,” tegasnya.
Sedangkan menurut Kasi Diklat Tenaga Administrasi, Danang Eka Sandi, di samping menjadi solusi terbaik di tengah merebaknya wabah corona, pelatihan jarak jauh akan mampu menjangkau  lebih banyak peserta. Direncanakan pada tiap angkatan akan diikuti 70 peserta sedangkan jika di kelas konvensional hanya 35 peserta. Dalam pelaksanaannya,  menurut Danang, pelatihan jarak jauh harus merujuk pada  Peraturan Kepala LAN nomor  8 tahun 2018 tentang pedoman penyelenggaraan pengembangan kompetensi PNS melalui e-learning.  Tanpa memperhatikan regulasi tersebut, maka pelatihan yang diselenggarakan bisa dikatakan tidak terstandar karena LAN adalah lembaga yang menetapkan standar pelatihan bagi PNS.
Pelatihan jarak jauh yang direncanakan akan dimulai  pada pertengahan Juni tersebut terdiri dari  Diklat Jarak Jauh (DJJ) Keprotokolan, DJJ Penilaian Pembelajaran bagi Guru MTs Angkatan I dan II, dan DJJ Penyusunan RPP bagi Guru MTs Angkatan I dan II. Pelatihan tersebut  direncanakan akan diakhiri pada 21 Juli 2020, kecuali DJJ Keprotokolan yang akan ditutup pada 9 Juli 2020.
Bagi calon peserta yang ditugaskan oelh  unit kerjanya untuk mengikuti pelatihan tersebut  bisa mengakses  website khusus pelatihan jarak jauh Balai Diklat Keagamaan Surabaya di http://pjj.bdksurabaya-kemenag.id .(AF).