Berita


Redaktur Web
2019-09-02 13:41:32
Toha: Jaga Persatuan Sesama Anak Bangsa

BDKSURABAYA -  Menjadi perekat persatan dan kesatuan bangsa adalah menjadi kewajiban dari anak bangsa bahkan  termasuk salah satu dari fungsi Aparatur Sipil Negara (ASN). Ketika sudah menjadi ASN, maka secara tidak langsung telah berkomitmen untuk tetap menjaga persatuan bangsa, tidak justeru menimbulkan masalah atau ikut berkonflik. Demikian sambutan kepala Balai Diklat Keagamaan  Surabaya, Muchammad Toha saat membuka 4 angkatan diklat  di Balai Diklat Keagamaan Surabaya (2/09/2019).


Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dalam praktik berbangsa sangatlah kurang bijak jika sebagai anak bangsa tidak bangga dengan bangsanya sendiri atau justeru mengunggulkan bangsa lain. Padahal bangsa Indonesia adalah bangsa yang hebat karena mampu mempertahankan persatuan dalam kemajemukan budaya. Ketangguhan dalam mempertahankan perstuan telah teruji berawal dari proklamasi kemerdekaan hingga saat ini. Bahkan sebelum kemerdekaan telah terdapat benih-benih dan potensi persatuan bangsa, yaitu adanya perasaan senasib dalam memperjuangkan kemerdekaan.


“Jaga persatuan sesama anak bangsa, tidaklah elok jika kita saling berantem, berkonflik dan memperbesar jurang perbedaaan demi kepuasan diri dan kelompok masing-masing”, tegas Toha.


Toha berpesan kepada seluruh peserta agar komitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa terus tertanam dalam pribadi masing-masing dan menjadi nilai-nilai yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apapaun profesinya, komitmen tersebut harus senantiasa hadir dan mewarnai segala aspek kehidupan.


Kegiatan pembukaan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut dihadiri oleh pejabat eselon IV, koordinator widyaiswara dan panitia penyelenggara. Diklat yang dibuka terdiri  dari Diklat Teknis Substantif  (DTS) Guru Fikih Madrasah Iibtidaiyah (MI) Angkatan 2, DTS Guru SKI MI Angaktan 1, DTS Guru PKN Madrasah Aliyah dan DTS Guru Matematika MI Angkatan 1.  Pada setiap angkatan diklat diikuti oleh 35 peserta. Mereka akan mengikuti proses pembelajaran  sampai Sabtu mendatang. (AF).