Berita


Redaktur Web
2019-10-14 09:11:01
Ikuti Caraka Malam, Rata-rata Peserta Latsar Teteskan Air Mata

BDKSURABAYA – Caraka malam adalah rangkaian materi kesiapsiagaan bela negara yang disampaikan oleh Tim Batalion Infantri Raider 500 / Sikatan Kodam V Brawijaya Surabaya. Materi yang banyak menguras air mata peserta Pelatihan Dasar (Latsar)  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III Kementerian Agama tersebut dilaksanakan di Arca Resort and Cottage, Trawas.(12/10/2019).



Kegiatan yang dipimpin langsung oleh komandan tim  Iskak Sukarman tersebut diisi dengan pembacaan ikrar bela negara dan penciuman bendera merah putih berlokasi di perkebunan Arca Resort and Cottage. Peserta berbaris dengan bentuk U mengelilingi api unggun yang telah dinyalakan.  Ikrar bela negara dipimpin oleh salah seorang peserta Latsar  segera setelah laporan dan api unggun dinyalakan. Semua peserta serempak mengucapkan ikrar kesetiaan kepada NKRI dan siap  membela negara dari ancaman yang ada.



Usai ikrar, pembacaan puisi tentang bertema kasih sayang orangtua pada anak dibaca oleh seorang peserta. Pada saat yang bersamaan,  satu per satu peserta hormat dan mencium bendera sebagai salah satu perwujudan ikrar kesetiaan  terhadap NKRI. Pada detik ini, rata-rata peserta meneteskan air mata. Emosi mereka terbawa oleh pembacaan puisi yang penuh penjiwaan.



Sebelum caraka malam yang berakhir pada pukul 20.30 WIB., pada pagi harinya peserta mengikuti kegiatan penjelajahan. Pelaksanaan kegiatan di lapangan diawali dengan pembentukan kelompok kecil  beranggotakan 10 peserta sehingga ada 36 kelompok. Tiap kelompok diberi tugas oleh tim  untuk menyusuri  rute yang telah ditentukan dan berhenti pada tiap pos penjagaan. Tugas tersebut  semacam  latihan dasar intelligen, di mana setiap anggota kelompok dilarang membocorkan tugas rahasianya kepada kelompok lain. Tugas intelligen tersebut tak  boleh dicatat melainkan harus dihafalkan dan direkam di dalam otak. Usai menyusuri rute yang telah ditentukan, tiap kelompok diminta untuk melaporkan keberhasilan tugasnya kepada pemberi tugas. Kegiatan  tersebut berlangsung dari pagi hingga sore hari.(AF).