Berita


Redaktur Web
2019-04-13 14:58:07
DIKLAT PENILAIAN PEMBELAJARAN BAGI GURU MI DI WILKER KANTOR KEMENAG KAB TUBAN DITUTUP  OLEH WIDYAISWARA BDK SURABAYA

BDKSURABAYA – Diklat Penilaian Pembelajran bagi Guru Madrasah btidaiyah (MI) yang diselenggarakan di wilayah kerja (Wilker) kantor Kemenag Kab. Tuban ditutup oleh widyaiswara Balai Diklat Keagamaan  (BDK) Surabaya, Zainul Arief (13/04/2019).


Dalam sambutannya, ia memaparkan bahwa  materi-materi diklat  yang telah diberikan kepada peserta hendaknya diperdalam dan disosialisasikan kepada  teman-teman guru di unit kerjanya yang belum memperoleh informasi dan pengetahuan tentang penilaian pembelajaran. Jika hal tersebut dilakukan, maka dimungkinkan akan terjadi  penyebaran ilmu pengathuan  sehingga guru-guru di madarasah akan meningkat kompetensinya , terutama dalam memahami dan menerapkan penilaian pembelajaran di madrasah.


Dalam pandangannya, kualitas madrasah dimungkinkan akan terus meningkat jika guru-gurunya kompeten dalam bidangnya, termasuk di dalamnya dalam hal melaksanakan penilaian pembelajran. Akhirnya,  tingkat kepercayaan masayarakat terhadap madrasah akan semakin tinggi, sehingga masyarakat akan menyekolahkan anak-anaknya ke madrasah.  Seorang guru  menurut Arief adalah sebagai faktor utama dalam mendorong kemajuan madrasah.  Meningkatnya kinerja guru secara langsung akan meningkatkan mutu madrasah.


Sementara itu, ketua panitia, Aziz Fuadi menyampaikan bahwa diklat penilaian pembelajaran bagi guru MI yang diselenggarakan di wilker kantor Kemenag Kab. Tuban dapat dikatakan berhasil. Hal tersebut dilihat dari meningkatnya kompetensi peserta dalam  memahami dan mempraktikkan penilaian pembelajaran. Rata-rata peserta  dinilai cakap ketika mengerjakan tugas dari widyaiswara dan mampu mepresentasikan materi tentang penilaian pembelajaran.


Peserta juga dinilai berdisiplin dalam masuk kelas dan mengikuti seluruh proses pembelajaran dengan  tertib. Mereka tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian materi yang disampaikan widyaiswara.