Berita


Redaktur Web
2020-11-02 10:16:57
Pemkab Jombang dan Pasuruan Adakan Kerja Sama dengan BDK Surabaya dalam Pelaksanaan Pelatihan Dasar Golongan III dan II

BDKSURABAYA -  Sebanyak 65 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III dari Pemerintah Kab (Pemkab) Jombang   dan  26 CPNS dari Pemkab Pasuruan mengikuti pelatihan dasar (Latsar) bertempat di Stiesia Surabaya. Pelatihan tersebut terwujud atas kerja sama dari Pemkab. Jombang dan Pasuruan dengan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya.(02/11/2020).


Kegiatan dengan total peserta sebanyak 91 yang terbagi menjadi 4 kelas tersebut  dibuka secara langsung oleh Kepala BDK Surabaya, Japar dengan upacara pembukaan. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa Latsar adalah pelatihan yang berfungsi sebagai persyaratan untuk menjadi PNS, sehingga peserta diharapkan mengikuti pelatihan tersebut dengan sebaik-baiknya. Esensi dari  Latsar menurutnya adalah membentuk CPNS yang punya jiawa nasionalisme.


Selanjutnya ia menyampaikan  bahwa saat ini Indonesia memasuki era pegawai kelas dunia dan berada dalam era revolusi industri 4.0, di mana penguasaan teknologi informasi dan bahasa asing sangat diperlukan. Karenanya, rekrutmen dengan CAT (computer assisted test) menurutnya sangat tepat karena menghasilkan CPNS yang kompeten.


Menurut doktor Pendidikan Matematika lulusan Universitas Negeri Makassar tersebut,  pegawai saat ini perlu   menjadi smart ASN, yang bercirikan memiliki integritas, nasionalisme, profesionalisme, berwawasan global, menguasai IT, berjiwa hospitality, mempunyai jiwa enterpreneusrship dan memiliki  networking.


Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BDK Denpasar tersebut menjelaskan bahwa integritas artinya adanya keselarasan antara hati dan tindakan dan senantiasa mengedepakan kejujuran. Nasionalisme  mengandung makna bahwa ASN harus mempunyai jiwa cinta tanah air yang tinggi. Smart ASN juga harus profesional yang  berarti mempunyai kemampuan yang tinggi dan bekerja dengan berlandasakan aturan yang berlaku. Mereka juga berwawasan global, menguasai IT,  penuh keramahtamahan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya (hospitality). Di samping itu Smart ASN  juga berjiwa wirausaha dan memiliki jaringan (networking) yang luas.


Pembukaan Latsar bagi CPNS dari Pemkab. Jombang dan Pasuruan yang berlangsung khidmat tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang  pengembangan SDM BKPPD ( Badan Kepegawaian dan  Pendidikan Pelatihan Daerah)  Kab. Pasuruan, Enida Made Kusnawati, Kepala Subbagian Tata Usaha BDK Surabaya, Muslimin, Kasi Diklat Tenaga Administrasi BDK Surabaya, Danang Eka Sandi, Kasubbid Pengembangan Kompetensi BKDPP (Badan Kepegawaian Daerah Pendidikan dan Pelatihan) Kab. Jombang, M. Ikhwan dan segenap panitia penyelenggara.




Direncanakan pelatihan tersebut akan berlangsung selama 2 bulan lebih dengan perincian,  tanggal 2 s.d 6 November 2020, peserta mengikuti pembelajaran di kelas, 8 s.d. 21 November 2020 peserta  mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan media zoom cloud meeting, tanggal 23 November 2020 s.d. 7 Januari 2021, peserta mengikuti aktualisasi ( di tempat tugas) dan pada tanggal 11 s.d. 12 Januari 2020 peserta mengikuti ujian tulis dan presentasi laporan aktualisasi.(AF).




 




 








 [A1],