Berita


Redaktur Web
2021-05-01 10:42:50
Peatihan Berakhir,  13 Agkatan PJJ Ditutup Via Zoom Cloud Meeting

BDKSURABAYA – Tiga belas angkatan Pelatihan jarak jauh (PJJ) yang diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya  sejak 19 April dan 21 April lalu, diakhiri dengan  upacara penutupan melalui zoom cloud meeting per angkatan. Kegiatan yang terbagi atas  13 room  tersebut ditutup  oleh Kepala BDK Surabaya, ketua panitia dan panitia pada masing-masing angkatan. (01/05/2021).


Pada kesempatan tersebut Kepala BDK Surabaya, Japar menyampaikan bahwa PJJ adalah salah satu model pelatihan yang diselenggarakan oleh BDK Surabaya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dengan kegiatan PJJ diharapkan banyak peserta yang mengikuti pelatihan, karena kuota per angkatan sebanyak 40 peserta. Menurutnya PJJ yang berlangsung melalui proses pembelajaran virtual tersebut sangat menguntungkan peserta karena mereka tidak harus meninggalkkan daerahnya. Namun perlu menguasai teknologii informasi,  disiplin dan mampu belajar mandiri.


Di samping PJJ, lanjut Kepala BDK Surabaya, terdapat pelatihan reguler yang biasanya diselenggarakan di BDK Surabaya, pelatihan di wilayah kerja dan pelatihan kerja sama. Beberapa model pelatihan tersebut bertujuan untuk peningkatan kompetensi peserta  sehingga mereka mampu menjalankan tugas dan fungsinya sesuaii  dengan jabatannya masing-masing.


Sementara itu Kasi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Machzudi menyampaikan bahwa dengan ditutupnya pelatihan bukan berarrti proses untuk menimba ilmu berakhir, namun peserta diharapkan dapat meningkatkan kompetensinya melalui belajar mandiri, belajar dari teman, mengikuti seminar, workshop dan kegiatan lain yang bersifat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.


Rata-rata petugas yang menutup pada kegiatan tersebut menyampaikan harapan agar pengetahuan yang diperoleh dari PJJ bisa ditularkan ke rekan seprofesinya yang belum mengikuti pelatihan sehingga terdapat proses transfer pengetahuan dan pengayaan ilmu pengetahuan pada Aparatur Sipin Negara Kementerian Agama (Kemenag).


Kegiatan PJJ yang dikahiri secara bersamaan tersebut diikuti oleh 516 peserta yang berasal dari wilayah kerja Kemenag se-Jawa Timur.(AF).