Berita


Redaktur Web
2019-07-02 12:46:32
Berikan Sambutan, Muhammad Toha Sampaikan Bahwa Seorang Pemimpin Perlu Kepatuhan dan Kesabaran

BDKSURABAYA – Kepatuhan dan kesabaran menjadi hal penting bagi seorang pemimpin.  Keduanya seringkali menjadi kunci keberhasilan seorang pemimpin. Maka kepatuhan dan kesabaran menjadi ruh pempimpin dalam menjalankan fungsi kepemimpinannya. Yang dimaksud kepatuhan tersebut adalah kepatuhan terhadap regulasi yang ada. Sedangkan kesabaran juga perlu dimiliki karena tugas dan fungsi pemimpin yang selalu terlibat secara sosial dengan karakter dan sifat yang beragam baik dengan bawahan, kolega maupun  atasan yang lebih tinggi. Demikian penjelasan Kepala Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Muhammad Toha ketika memberikan sambutan pengarahan pada penutupan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan ke-25 di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. (02/07/2019).


Ia menguraikan bahwa dalam menjalankan tugas dan fungsinya, pemimpin perlu mematuhi regulasi yang ada, karena hal tersebut menjadi faktor utama keselamatan seorang pemimpin. Dalam penjelasannya, apapun yang dilakukan pemimpin, jika hal tersebut berpijak pada regulasi yang jelas, maka  di samping kesuksesan memimpin yang tentunya berdampak pada  peningkatan kinerja lembaga, ia juga akan selamat, tak akan terkendala pada kasus yang bisa mengganjal karirnya.


Sedangkan kesabaran, menurut Toha akan mampu membentuk seseorang menjadi pribadi yang mantap dan tenang dalam menghadapi permasalahan di lingkungan kerjanya. Kepatuhan dan kesabaran akan lebih ideal ketika dipadu dengan semangat perubahan. Karenanya, proyek perubahan yang telah dikerjakan oleh peserta diklatpim hendaknya menjadi proyek yang benar-benar bisa membawa perubahan dan kemajuan bagi unit kerjanya masing-masing.


Diselenggarakannya penutupan diklat tersebt menjadi tanda berakhirnya diklat kepemimpinan yang berlangsung sejak 18 Maret tersebut. Peserta dinilai telah berhasil dalam mengikuti diklat selama 893 jam diklat, dengan rincian 270 jam in kampus (pembelajaran di kelas) dan 623 jam out kampus. (AF).