Berita


Redaktur Web
2019-08-26 11:26:19
BDK Surabaya Selenggarakan Latsar CPNS Gelombang II di Kampus Stesia dan Hotel Grand Park Surabaya

BDKSURABAYA – Pelatihan Dasar (Latsar) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya. Kali ini tempatnya berbeda dari Latsar sebelumnya, bukan di BDK  Surabaya, melainkan di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi  Indonesia (Stiesia) sebanyak 3 angkatan dan di Hotel Grand Park Surabaya sebanyak 4 angkatan. Pada tiap angkatan diikuti oleh 40 peserta sehingga  total peserta  pada kedua tempat tersebut sebanyak 270 CPNS. (26/08/2019).


Pelatihan yang wajib diikuti oleh CPNS sebelum menjadi PNS tersebut  dibuka oleh Jamal, Plt. Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur bertempat di Kampus Stiesia sedangkan di hotel Grand Park dibuka oleh Kepal Subbag Tata Usaha BDK Surabaya, Muslimin.


Ketika memberikan sambutan pengarahan, kedua pejabat tersebut menekankan pentingnya pelatihan dasar bagi CPNS. Di samping sebagai diklat pembentukan agar peserta mampu menjadi pelayan publik, pelaksana kebijakan publik dan perekat serta  pemersatu bangsa,  pelatihan dasar merupakan pelatihan wajib sebagai persyaratan  peserta  untuk menjadi PNS.


Tujuan dari Latsar tersebut adalah untuk membentuk PNS yang profesional yaitu PNS yang karakternya dibentuk oleh sikap perilaku bela Negara, nilai-nilai Dasar PNS, dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara professional sebagai pelayan masyarakat.


Direncanakan pelatihan tersebut memakan waktu  total selama hampir dua bulan, dari 26 Agustus s.d. 17 Oktober, yang terbagi atas in campus dan off campus.  Pada 26 Agustus s.d. 14 September 2019 peserta menjalani in campus (proses pembelajaran di kelas) , selanjutnya pada 15 september s.d. 14 Okotber 2019 peserta menjalani aktualisasi di tempat kerja (off campus). Proses terakhir adalah peserta menjalani in campus, yaitu evaluasi atas aktualisasi yang telah dilaksanakan, yang berlangsung dari 15 oktober s.d. 17 oktober 2019 (AF).