Berita


Redaktur Web
2020-10-15 12:45:22
BDK Surabaya Selenggarakan Evaluasi Pasca Pelatihan Secara Serentak  di 11 Wilayah Kerja

BDKSURABAYA – Balai Diklat Keagamaan  (BDK)  Surabaya menyelenggarakan Evaluasi  Pasca Pelatihan (EPP) tahap pertama di 11 wilayah kerja kantor Kementerian Agama (Kemenag)  di Provinsi Jawa Timur.  Wilayah tersebut terdiri dari,  Kab. Pacitan, Banyuwangi, Sumenep, Jember, Bondowoso, Situbondo, Trenggalek, Ngawi, Magetan, Ponorogo dan Kab. Tulungagung.  (15/10/2020)


EPP yang diselenggarakan secara serentak tersebut ditangani oleh 2 s.d. 3 petugas dari BDK Surabaya  pada tiap-tip wilayah.  Mereka  menyebarkan kuesioner dan mengadakan wawancara semi terstruktur  dengan responden  yang telah ditunjuk. Tujuannya untuk memperoleh data primer yang valid yang langsung diperoleh dari responden yang telah mengikuti pelatihan dan atasan dari responden.


Secara garis besar terdapat beberapa indikator yang digunakan  dalam EPP tersebut, diantaranya indikator untuk mengukur sikap, perasaan dan persepsi peserta tentang pelatihan yang diikuti, mengukur peningkatan  pengetahuan dan keterampilan peserta usai menjalani pelatihan, mengukur transfer pengetahuan dari hasil pelatihan kepada rekan sekerja, implementasi dari pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dan mengukur pemberdayaan alumni pelatihan di lingkungan kerja.


Sedangkan untuk wawancara semi terstruktur digunakan untuk menggali informasi dari responden tentang permasalahan yang dihadapi dalam implementasi pengetahuan dan keterampilan di tempat tugas,  menggali permasalahan yang dihadapi alumni ketika mengikuti pelatihan dan  saran serta  ide-ide  positif dari responden dalam  perbaikan kualitas pelatihan.


Kegiatan tersebut bertempat di kantor Kemenag setempat  dan rata-rata  dibuka oleh Kepala kantornya masing-masing..Di samping membuka kegiatan, Kepala Kantor Kemenag diberikan kesempatan untuk memberikan materi pengembangan SDM Kemenag. (AF).