Berita


Redaktur Web
2021-01-21 13:46:57
Inginkan Kelayakan Sarpras PDWK, Kepala BDK Surabaya  Tugaskan Tim untuk Survei Lokasi

BDKSURABAYA- Sarana dan prasarana (sarpras) pelatihan yang memadai  menjadi salah satu kunci keberhasilan pelatihan,  termasuk pelatihan di wilayah kerja (PDWK). Kesuksesan pelatihan  yang biasanya dilaksanakan di kantor Kementerian Agama (Kemenag)  Kab. dan Kota se-Jawa Timur tersebut tak luput dari perhatian Kepala Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Japar. Menurutnya sebelum diselenggarakan PDWK harus dipastikan terlebih dahulu bahwa  tempat penyelenggaraan pelatihan benar-benar layak dan memenuhi standar pelatihan di era pandemi covid-19. Kelayakan  sarpras pelatihan, baginya  menjadi awal kerberhasilan pelatihan. (21/01/2021)


 Ia tidak menghendaki kegiatan yang mulia dengan tujuan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara di Kemenag tersebut justeru berdampak  kurang baik bagi  kesehatan peserta. Maka dibentuklah tim survei lokasi yang selanjutnya disebar ke seluruh kantor Kemenag Kab. dan Kota se-Jatim dan ke Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri se-Jatim.


Beberap tim yang ditugaskan oleh Kepala BDK Surabaya telah melakukan tugasnya, seperti survei yang telah dilakukan ke Kemenag Kab. dan Kota Probolinggo, Kab. Malang, Kota Malang dan Kota Batu.  Beberapa kriteria  tempat pelatihan  yang sesuai dengan standar protokol kesehatan dan standar untuk  kelas pelatihan telah ditetapkan. Kriterian tersebut  dibuat agar peserta yang akan mengikuti pelatihan tetap sehat sampai akhir pelatihan, nyaman selama proses pembelaajran dan mudah dalam  menerima informasi yang disampaikan oleh narasumber.


Dengan peserta pelatihan yang direncanakan sebanyak 30 orang, maka tempat pelatihan ditetapkan minimal  150 meter2, terdapat ruang untuk panitia penyelenggara dan ada tempat cuci tangan di luar ruanagn kelas.  Sedangkan kelasnya terdapat meja dan kursi untuk peserta dan narasumber, ruangan kelas bervemtilasi dengan udara segar yang cukup,  terdapat LCD proyektor, layar LCD, Kipas angin, sound system,  listrik yang memadai, papan tuls dan  colokan listrik.(AF).