Berita


Redaktur Web
2019-11-27 14:14:36
Kepala BDK Surabaya Ajak Peserta Latsar Tingkatkan Profesionalisme dan Kinerja

BDKSURABAYA – Setelah menjalani evaluasi aktualisasi pada 26 November kemarin, sebanyak 120 peserta pelatihan dasar (Latsar) CPNS golongan III Kementerian Agama (Kemenag) angkatan ke- 19 s.d. 22 dilepas oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya, Muchammad Toha  dengan upacara pelepasan (27/11/2019).



Dalam sambutannya  ia menyampaikan bahwa Latsar CPNS adalah proses penanaman nilai-nilai dasar PNS sekaligus implementasi nilai-nilai dasar PNS dalam kehidupan kerja melalui kegiatan aktualisasi. Di samping itu juga sebagai proses pemahaman kepada peserta akan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI. Dari kegiatan tersebut diharapkan peserta akan terbiasa dengan nilai-nilai dasar PNS, memahami kedudukan dan perannya yang selanjutnya diimpelemntasikan dalam lingkungan kerja. Karena statusnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), maka mereka juga diharapkan menjalankan fungsinya sebagai pelayan publik, pelaksana kebijakan publik dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.



Di samping itu, lelaki yang memperoleh gelar doktor dari UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut mengajak peserta untuk  menerapkan nilai budaya kerja Kemenag dalam lingkungan kerja, yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan. Apapun profesinya, nilai budaya kerja  tersebut harus mewarnai sikap dan perilaku ASN di unit kerja. “Mari kita ikut membangun Kemenag dengan  meningkatkan profesionalitas dan kinerja”, ajak Toha.



Ia juga menyampaikan bahwa selesainya Latsar bukanlah akhir dari sebuah proses, namun justeru awal karir seorang PNS. Karenanya peserta yang mengikuti acara pelepasan tersebut diminta untuk  mengawali karir dengan menunjukkan motivasi yang tinggi dan menjunjung profesionalisme dengan tetap menjaga keutuhan NKRI.



Pelepasan peserta yang berlangsung semarak tersebut dihadiri oleh Kasi Diklat Tenaga Administrasi, Danang Eka Sandi dan panitia pelaksana. (AF).