Berita


Redaktur Web
2019-12-12 15:30:52
BDK Surabaya Adakan Monev Latsar ke 6 Lokasi

BDKSURABAYA -  Sebanyak 8 lokasi  yang berada di  wilayah kerja Kementerian Agama (Kemanag) Provinsi Jatim dan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Jatim menjadi tempat penyelenggaraan monitoring dan evalusi (monev) program aktualisasi peserta Pelathan Dasar (Latsar).  Lokasi tersbut  berada di Kantor Kemenag Kab. Ngawi,  Kab. Lumajang, Kota Madiun, Kab. Bnayuwangi, Kab. Malang,   dan UIN Malang. (12/12/2019).



Terdapat 6 tim yang  yang ditugaskan ke 6 wilayah tersebut dengan anggota tim sebanyak 3 orang untuk satu tim.  Tim yang bertugas menyebarkan kuesioner, memberikan penjelasan, menggali informasi, menganalisis dan selanjutnya membuat laporan monev tersebut telah berada pada tempat bertugas.  Tim 1 yang bertugas ke kantor Kemenag Kab. Ngawi terdiri dari Aziz Fuadi, Abdul Qohar dan Moch. Ali Lutfi. Tim2 yang ditugaskan  ke kantor Kemenag Kab. Lumajang, terdiri dari Tri Wahyono, Andiek Widodo dan M. Anung Edy Nugroho. Tim 3 yang bertugas di Kantor Kemenag Kota Madiun terdiri dari Danang Eka Sandi, Heni Mardiningsih dan Indah Sulistyoningsih. Tim 4 ditugaskan ke Banyuwangi, terdiri dari Rofikatul Karimah, Wadi Rahmoko dan Samsuri.  Tim 5 yang ditugaskan ke UIN Malang terdiri dari  Qurrota A’yun, Yogi Kerry Ananda dan Nurlaili. Sedangkan tim 6  yang ditugaskan ke Kantor Kemenag Kota Malang terdiri dari Mulyono, Moh. Syaifudin dan Samsuri.



Kegiatan tersebut rata-rata dibuka oleh pejabat eselon III atau yang mewakili.  Mereka rata-rata menyampaikan apresiasi positifnya atas kegiatan monitoring dan evaluasi program aktualisasi peserta Latsar. Menurut mereka dengan  monev tersebut, peserta akan punya semangat untuk menerapkan nilai-nilai dasar PNS dan mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa, inovatif dalam bekerja, profesional dan mampu menerapkan nilai  budaya kerja Kementerian Agama.



Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk  mendapatkan informasi yang mendalam tentang  pelaksanaan aktualisasi peserta di unit kerja yang meliputi jumlah kegiatan, waktu, kendala yang dihadapi,  tanggapan rekan kerja,  sikap mentor, sikap peserta selama aktualisasi terhadap mentor, coach, rekan kerja dan lingkungan . Di samping itu juga menggali informasi tentang pandangan dan penilaian mentor  terhadap program yang dijalankan peserta selama aktualisasi berikut sikap dan perilaku peserta yang dibimbing.



Untuk menggali informasi tersebut setiap tim dibekali dengan kuesioner yang bersifat terbuka untuk peserta Latsar dan kuesiner berbentuk pilihan dengan skala Likert untuk mentor. Selain melalui kuesioner, tim evaluator melakukan wawancara langsung dengan peserta Latsar secara mendalam (AF).