Berita


Redaktur Web
2020-01-20 15:58:40
Kapala BDK Surabaya Buka Latsar  untuk CPNS  Pemkot  Batu, Pemkab Banyuwangi dan Pemkab Gresik

BDKSURABAYA – Sebanyak 160  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  golongan III dan 29 CPNS golongan II  mengikuti pelatihan dasar (Latsar) di kampus Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya, Muchammad Toha. Dari 189 CPNS tersebut terdapat 78 CPNS golongan III dari Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, 72 CPNS golongan III dari Pemerintah Kab.(Pemkab)  Banyuwangi, 10 CPNS golongan III dari Pemkab Gresik dan 29  CPNS golongan II dari Pemkab. Gresik. Mereka dibagi menjadi 5 angkatan, 4 angkatan untuk golongan III dan I angkatan untuk golongan II.(20/01/2020).


Kegiatan Latsar  yang wajib diikuti oleh CPNS tersebut berlangsung berkat kerja sama di bidang kediklatan antara Badan Kepegawaian dan Pengembangan  (BKP) Sumder Daya Manusia (SDM) Kota Batu, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kab. Banyuwangi dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kab. Gresik dengan BDK Surabaya.


Pada kesempatan tersebut, Toha menguraikan bahwa  ketika seseorang telah menjadi PNS maka ia telah mengikrarkan diri untuk setia kepada NKRI, sehingga segala perilakunya tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan NKRI, siap membela negara dan punya nasionalisme yang tinggi.


Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala BKD Pemkab. Gresik Nadlif menyatakan terima kasih kepada  Kepala BDK Surabaya karena bersedia menjalin kerja sama dalam penyelenggaraan Latsar bagi CPNS pada ketiga pemerintah Kota Batu, Pemkab Banyuwangi dan pemkab Gresik. Ia menitipkan sekaligus menyerahkan sepenuhnya kepada BDK Surabaya untuk melatih CPNS-nya.


Sedangkan Danang Eka Sandi, kasi Diklat Tenaga Administrasi BDK Surabaya menyampaikan dalam laporannya bahwa tujuan diselenggarakan  Latsar tersebut adalah  untuk membentuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang profesional, yaitu PNS yang karakternya dibentuk oleh sikap dan perilaku bela negarara, nilai-nilai dasar PNS, dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan publik.


Direncanakan Latsar tersebut akan berlangsung dari 20 Januari sampai dengan  13 Maret 2020 dengan model in dan off kampus. Pada tanggal 20 Januari sampai dengan 8 Februari, peserta menjalani proses pembelajaran di kelas (in kampus), 10 Februari s.d. 10 Maret, peserta menjalani praktik magang di tempat kerja (habituasi), sedangkan 11 s.d 13 Maret peserta kembali ke kampus untuk menjalani evaluasi dari aktualisasi di tempat kerja.


Upacara pembukaan yang berlangsung khidmat tersebut dihadiri oleh Kepala BKP SDM Kota Batu, Siswanto, kepala BKPP kab. Banyuwangi, Nafiul Huda, para pejabat eselon IV dan panitia  dari pihak yang menjalin kerjasama. (AF).