Berita


Redaktur Web
2020-11-23 09:51:13
LP Ma’arif NU Jatim Adakan Pelatihan  Kerja Sama  dengan BDK Surabaya

BDKSURABAYA – Untuk meningkatkan kompetensi kepala madrasah, Lembaga Pendidikan Ma’arif (LP Ma’arif) Jawa Timur  mengadakan pelatihan kerja sama dengan menggandeng Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya. Pelatihan  yang  berlangsung di  Badan Kepegawaian Pendidikan dan Peltihan Daerah Pacitan tersebut diikuti oleh 40 orang kepala madrasah yang bertugas di  lembaga LP Ma’arif Pacitan, yang terdiri dari kepala   madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah. (23/11/2020).


Pelatihan berjudul Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah tersebut dibuka oleh Plt. Kepala Kemenag, Mukarom.  Dalam sambutannya ia menerangkan bahwa pelatihan peningkatan kompetensi kepala madrasah  sangat penting untuk diikuti agar kepala madrasah mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Pengetahuan dan keterampilan perlu senantiasa diperbarui agar  kepala madrasah mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi.Di samping itu, seorang kepala Madrasah harus kompeten sehingga dapat membina guru-gurunya dan mengantarkan madrasah agar berkinerja tinggi


Sementara itu, pengurus cabang Maarif, Pacitan Imam, menyampaikan  perlunya  bekerja sama dengan BDK Surabaya dalam bentuk pelatihan.  BDK Surabaya menurutnya adalah sebagai salah satu lembaga pemerintah  yang berwenang dalam menyelenggarakan pelatihan sehingga usai pelatihan, sertifikat yang diperoleh peserta  bisa dugunakan sebagai syarat  bagi peserta dalam menjalankan tanggung jawabnya sebagai kepala madrasah.


Dalam pelaksanaannya, pelatihan yang dilaksanakan dengan pendekatan andragogi tersebut dutangani oleh panitia dari BDK Surabaya dan pengurus LP Ma’arif Pacitan. Sedangkan tenaga pengajarnya terdiri dari widyaiswara BDK Surabaya dan pejabat Kemenag setempat.  Di rencanakan, pelatihan yang didanani dari LP Ma’arif tersebut direncanakan akan diakhiri pada 27 November 2020. (AF).