Berita


Redaktur Web
2019-05-09 12:35:49
ASN BDK Surabaya: Kerja Kelompok Butuh Rasa Saling Terbuka

BDKSURABYA –  Sikap terbuka ternyata menjadi unsur penentu  keberhasilan kerja kelompok. Dari keterbukaan akan meelahirkan rasa saling pengertian dan meningkatkan dukungan antar anggota kelompok. Demikian pendpaat rata-rata Aparatur Sipil Negara (ASN) Balai Diklat Keagamaan Surabya. (09/05/2019).


Menurut Iwan Nurkholis, kerja kelompok seperti menjadi panitia dalam menangani diklat, sangat dibutuhkan sikap saling terbuka antar anggota kelompok. Tanpa sikap tersebut sangat mustahil pekerjaan akan selesai  sesuai dengan target yang ada. “Dengan sikap terbuka, segala permasalahan anggota kelompok atau tim akan mampu ditangani, karena anggota mengetahui permasalahan yang terjadi dalam kelompok. Jika tidak terbuka maka kesulitan yang dihadapi anggota kelompok tak akan diketahui anggota yang lain sehingga kita tak akan mengerti jika terjadi masalah dalam pekerjaan,” jelas Iwan.


Penjelasan yang hampir sama disampaikan oleh Wadi Rahmoko. Baginya, ketika sudah terbentuk tim ataupun kelompok kerja yang menangani pekerjaan tertentu, sikap terbuka menjadi sebuah keharusan.  “Sikap terbuka itu merupakan sebuah keharusan jika kita terlibat dalam kerja tim atau kelompok. Bersedia bekerja kelompok, berarti tiap anggota kelompok harus mau bersikap terbuka. Rasanya sangat mustahil tim akan sukses jikla ada anggota yang bersifat tertutup, kecuali masalah pribadi, bukan pekerjaan. Dari sikap terbuka tersebut akan menghadirkan rasa saling pengertian sehingga antar anggota akan saling mendukung ” urainya.


Pernyataan serupa datang dari Hilda. Dalam pandangannya, sikap saling terbuka antar anggota kelompok adalah salah satu faktor yang membuat kelompok sukses dalam bekerja.  Baik kelompok kecil taupun besar, saling terbuka menjadi  sikap yang wajib diterapkan dalam kelompok. “Jika sudah terbentuk kelompok atau tim, berapapun jumlahnya, sikap saling terbuka perlu muncul dan menjadi aturan tak tertulis yang perlu diterapkan dalam kelompok.  Jika kelompok ingin sukses bersama, maka antar anggota kelompok harus terbiasa terbuka, membicarakan masalah bersama dan memecahkan masalah yang dihadapi kelompok secara bersama-sama,” terangnya. (AF)