Berita


Redaktur Web
2019-08-26 11:03:43
Kasi Diklat Teknis Buka 5 Angaktan Diklat di BDK Surabaya

BDKSURABAYA- Lima angkatan diklat yang terdiri dari Diklat Teknis Substantif (DTS) Guru Bahasa Inggris  Madrasah tsanawiyah (MTs) Angkatan I, DTS guru bahasa Inggris MTs Angkatan II, DTS Guru Bimbingan Konseling Madrasah Aliyah (MA), DTS Guru Ekonomi MA Angaktan II dan Diklat Fungsional Calon Kepala Perpustakaan Madrasah diselenggarakan di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya. Kegiatan tersbut dibuka oleh Kasi Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan BDK Surabaya, Machzudi (26/08/2019).


Dalam sambutan pengarahannya  ia menjelaskan bahwa seluruh kegiatan yang diselenggarakan di BDK Surabaya sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya. Kegiatan tersebut bersumber dari dana DIPA  BDK Surabaya.  Dana tersebut merupakan amanah sehingga perlu digunakan dengan baik. Demikian juga dengan pesertanya. Diharapkan peserta mampu menjalankan amanah, yaitu amanah dari unit kerja masing-masing untuk menjalankan tugas sebagai peserta diklat. Untuk itu Kasi Diklat Teknis tersebut berharap agar peserta  mengikuti proses pembeljaran dengan tertib.


Di samping itu, ia menjelaskan bahwa tantangan guru pada saat ini semakin berat. Jika guru tidak meningkatkan kompetensi diri maka akan tertinggal bahkan bisa kalah dengan anak didiknya.  Peningkatan kompetensi tersebut bisa dilalui dengan ikut diklat, workshop, seminar atau belajar mandiri dari berbagai sumber pengetahuan. Apalagi saat ini begitu banyak sumber-sumber ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh dengan gratis, melalui media online seperti artikel, jurnal bahkan buku-buku yang berkualitas.


Sementara itu, ketua panitia, Moh. Yusuf dalam sambutannya menyampaikan bahwa diklat yang dislenggarakan BDK Surabaya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta  dalam ranah pengetahuan, keterampilan dan sikap mental. Diharapkan hasil dari diklat  tersebut mampu meningkatkan kompetensi diri dan mempunyai membunyai benefit berupa meningkatnya kinerja  pada unit kerjanya masing-masing.


Kegiatan  diklat yang diikuti oleh 175 Aparatur sipil Negara di wilayah kerja Kementerian Agama di Jawa Timur tersebut akan berakhir pada 31 mendatang, kecuali Diklat Fungsional Calon Kepala Madrasah yang akan berakhir pada 11 September 2019. (AF)