Berita


Redaktur Web
2019-12-02 11:29:54
Pastikan Program Berjalan Sesuai Standar, Tim BDK Surabaya Adakan Monitoring dan Evaluasi Aktualisasi Latsar  di 9 wilayah

BDKSURABAYA – Setiap rangkaian kegiatan kediklatan  harus dijalankan sesuai dengan standar yang ada. Demikian juga dengan kegiatan aktualisasi peserta pelatihan dasar (Latsar) Kementerian Agama (Kemenag) .  Kegiatan aktualisasi yang dilaksanakan oleh peserta  di unit kerja saat proses off kampus perlu dievaluasi pelaksanaannya.  Proses off kampus tersebut berisi aktivitas peserta dalam penerapan nilai-nilai akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi serta penerapan peran dan kedudukan PNS dalam kerangka NKRI  di tempat kerja.  Dengan kegiatan evaluasi, akan dapat digali permasalahan selama proses aktualisasi (02/12/2019).



Pada  tanggal 4 sampai dengan 6 Desember 2019, tim dari Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya, akan mengadakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan aktualisasi peserta Latsar. Terdapat 5 tim yang akan ditugaskan ke wilayah untuk mengadakan monitoring dan evaluasi.  Masing-masing tim yang beranggitakan 3 orang tersebut  akan diterjunkan ke 9 wilayah, yaitu ke Kantor  Kemenag Kab. Gresik, Sidoarjo, Bangkalan, Sampang, Sumenep, Nganjuk, madiun dan IAIN madura..



Peserta Latsar yang akan dievaluasi jumlah bervariasi pada masing-masing wilayah, di Kantor Kemenag Kab. Gresik terdapat 5 peserta, Sidoarjo 4, Bangkalan 6, Sampang 2, Pamekasan 4, Sumenep 12, Nganjuk 9, Madiun 11 dan IAIN madura berjumlah 21 orang. Setiap peserta  diberikan kuesioner yang berisi pertanyaan uraian yang bersifat  terbuka, sedangkan untuk mentor diberikan kuesioner dengan pernyataan dan pertanyaan dengan skala likert dengan pilihan tidak setuju, kurang setuju, setuju dan sangat setuju.



Di samping mengisi pada kuesioner,  peserta akan diwawancarai oleh petugas tentang pelaksanaan aktualisasi selama di tempat kerja. Hasil dari kuesioner tersebut akan dianalisis oleh tim, selanjutnya dituangkan dalam bentuk laporan montaring dan evaluasi yang hasilnya bisa menjadi  solusi atas permasalahan dan referensi atas pelaksanaan Latsar pada masa mendatang. (AF).