Berita


Redaktur Web
2019-10-07 13:27:03
BDK Surabaya Selenggarakan 9 Angkatan Latsar di Grand Park Hotel dan Stiesia

 


BDKSURABAYA – Pelatihan dasar (Latsar) bagi CPNS golongan III kembali diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya di  Grand Park Hotel Surabaya dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia). Sebanyak  4 angkatan dengan total peserta 160 orang diselenggarakan di Grand Park Hotel sedangkan sedangkan 5 angkatan dengan peserta berjumlah 200 orang diselenggarakan di Stiesia. Secara keseluruhan  terdapat 9 angkatan Latsar yang diikuti oleh 360 CPNS yang berasal dari Perguruan tinggi Agama Islam Negeri se-Jawa Timur dan Kementerian Agama di Kabupaten dan Kota di Jawa Timur. (07/10/2019).



Kedua kegiatan di dua tempat yang berbeda tersebut dibuka secara bersamaan. Untuk kegiatan di Grad Park Hotel dibuka oleh Kepala Subbag Tata Usaha BDK Surabaya, Muslimin, sedangkan di Stiesia dibuka oleh Rektor UINSA Surabaya, Masdar Hilmy.  Dalam sambutannya, baik Muslimin maupun Masdar Hilmy menguraikan bahwa  tujuan diselenggarakan Latsar adalah membentuk PNS yang profesional yang mempunyai sikap dan perilaku bela negara, menerapkan nilai-nilai dasar PNS dan memahami kedudukan dan peran PNS dalam NKRI. Di samping itu, keduanya  menekankan bahwa  fungsi PNS adalah sebagai pelayan masyarakat, pelaksana kebijakan publik dan sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa.



Secara khusus rektor UINSA berpesan bahwa ketika telah menjadi PNS, peserta diharapkan justeru meningkatkan kiinerjanya. Menurutnya, ketika telah menjadi PNS, biasanya  ada PNS yang merasa berada dalam comfort zone atau zona nyaman, sehingga kinerjanya bisa dibilang menurun. Karenanya, jangan sampai hal tersbeut terjadi pada PNS kali ini. Kinerja PNS diharapkan terus meningkat dan jangan sampai kalah dengan yang berstatus Non PNS.



Di samping itu, menurutnya  loyalitas terhadap NKRI  perlu selalu ada pada diri PNS. Ideologi Pancasila menjadi ideologi yang tak bisa ditawar sehingga PNS jangan sampai berideologi yang bertentangan dengan Pancasila.



Kegiiatan Latsar yang memasuki hari pertama tersebut direncanakan akan  berlangsung dengan model on dan off campus. Pada saat on campus, peserta menjalani proses pembelajran di kelas, sedangkan pada proses off campus, peserta  menjalani  agenda aktualisasi. Proses on campus akan berlangsung dari tanggal 07 s.d. 26 Oktober 2019.  Pada tanggal 27 Oktober s.d. 25 November 2019 peserta menjalani aktualisasi. Sedangkan  26 s.d. 28 November 2019 peserta mengikuti on campus, yaitu  evaluasi aktualisasi di BDK Surabaya.(AF).