Berita


Redaktur Web
2019-10-29 08:09:29
Hari Pertama Diklat, 245 Peserta Terima Materi BLC

BDKSURABAYA- Sebanyak 245 peserta diklat yang terbagi dalam 7 kelas secara serentak menerima materi Building, Learning and Commitment (BLC). Materi tersebut  disampaikan pada awal kegiatan pembelajaran karena menjadi materi penunjang yang bertujuan untuk membangun komitmen bersama antar peserta untuk sama-sama mengikuti proses pembelajaran yang akan berakhir 6 hari ke depan. (28/10/2019).


Menurut Widayanto yang mengajar materi BLC pada diklat guru  Al Qur’an Hadits,  materi tersebut diberikan agar peserta saling kenal, mengetahui posisi dirinya dan posisi orang lain dalam pembelajaran. Di samping itu, agar timbul kohesivitas antar peserta di dalam kelas, muncul rasa saling memahami dan  saling mendukung sehingga kondisi kelas menjadi kondusif dan efektif untuk proses pembelajaran.


Materi yang disampaikan melalui beragam permainan tersebut tampak membuat peserta Diklat Guru Al Qur’an Hadits ekspresif dan menikmatinya. Mulai dari permainan melatih konsentrasi hingga permainan yang bersifat membangun kerja sama tim dilalui peserta dengan penuh motivasi. Ekspresi kegembiraan terpancar dari seluruh peserta karena permainan  yang ada mampu memantik emosi positif peserta.


Pada akhir sesi, dibuatlah komitmen kelas yang  berisi komitmen peseta selama proses diklat. Tentunya komitmen bernilai positif yang mampu mendukung proses pembelajaran dan wajib diikuti oleh peserta. Juga dipilih pengurus kelas yang berfungsi mengkoordinir peserta sehingga proses pembelajaran berjalan efektif. (AF).