Berita


Redaktur Web
2021-08-25 16:18:36
IngiInkan  Peningkatan Kualitas Pelatihan, BDK Surabaya  Adakan EPP

BDKSURABAYA -  Balai Diklat Keagamaan Surabaya menyelenggarakan evaluasi pasca pelatihan (EPP) dengan mngadakan observasi langsung ke  30 kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten di Jawa Timur. Pemilihan 30 tempat tersebut didasarkan pada banyaknya jumlah alumni yang telah mengikuti pelatihan jarak jauh di BDK Surabaya pada rentang waktu bulan Juni sampai   Agutsus 2021. (25/08/2021)


EPP menjadi salah satu proses dalam  manajemen pelatihan, selain proses perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan.  Proses evaluasi  berfungsi untuk  menjamin bahwa pelaksanaan kegiatan  sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dan memastikan bahwa pelaksanaannya melalui proses dan standar yang telah ditetapkan. Hasil dari evaluasi tersebut diharapkan menjadi rekomendasi bagi perbaikan kualitas pelatihan.


Kegiatan EPP kali ini  dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden, yaitu alumni PJJ. Kuesioner yang harus diisi responden tersebut terkait dengan penilaian alumni peserta  terhadap pelaksanaan PJJ mulai dari awal sampai dengan akhir kegiatan. Poin-poin yang ditanyakan terkait dengan kualitas sarana dan prasarana, kinerja panitia penyelenggara, kompetensi widyaiswara/pengajar, materi, kemudahan sistem learning maanagement system (LMS)  PJJ,  dukungan dari lingkungan kerja dan pemberdayaan alumni di tempat tugas usai pelatihan.


Di samping melalui kuesioner, penggalian data  dari responden dilakukan dengan wawancara mendalam yang menggali  tentang kendala dalam pelaksanaan PJJ  dan saran yang berujud ide-ide kreatif dari responden  untuk peningkatan kualitas pelatihan.


Dari kuesioner yang telah diisi oleh responden dipadu dengan hasil wawancara mendalam, selanjutnya ditabulasi dan dianalisis dengan statistik deskriptif, untuk selanjutnya dibuat kesimpulannya.


Kegiatan EPP tersebut berlangsung dari tanggal 24 sampai dengan 27 Agustus 2021 dengan menerjunkan petugas dari BDK Surabaya ke daerah yang telah ditentukan (AF).