Berita


Redaktur Web
2019-04-15 10:09:37
DUA RATUS DELAPAN PULUH GURU MADRASAH AKAN  IKUTI DIKLAT PENILAIAN PEMBELAJRAN

BDKSURABAYA -  Balai Diklat Keagamaan Surabaya berencana mengadakan Diklat Penilaian Pembelajaran secara serentak di 8 wilayah kerja yaitu wilayah kerja kemenag Kab. Lamongan, Kab, Banyuwangi, Kab. Bojonegoro, Kab. dan Kota Kediri, kab dan Kota Pasuruan, kab. Nganjuk, Kab. Magetan dan Kab. Ngawi.  Kegiatan tersebut akan diikuti oleh 35 orang pada tiap wilayah sehingga total  seluruh peserta berjumlah 280 orang. (15/04/2019)


Diklat yang  ditujukan khusus bagi guru Madrasah ibtidaiyah (MI) tersebut  akan berlangsung selama 6 hari, dimulai pada 22 April dan akan diakhiri pada 27 April 2019. Dan dilaksanakan di kantor Kemenag Kab atau Kota pada wilayah tersebut.


Selama proses diklat, peserta akan mendapatkan materi dasar, inti dan penunjang.  Untuk materi dasar yang berjumlah 9 jam pelajaran (JP) terdiri dari: Pembangunan Bidang Agama, Pengembangan SDM Kemenag, dan Peningkatan Kualitas Diklat tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan.  Materi inti dengan total 30 JP, terdiri dari: Konsep dasar Penilaian Pembelajaran,  Pemetaan Kompetensi Pembelajaran, Penilaian Kompetensi Sikap, Penilaian Kompetensi Pengetahuan, Penilaian Kompetensi Keterampilan dan Praktik Analisis Butir Soal. Sedangkan untuk materi penunjang  dengan jumlah 6 JP terdiri dari: overview, Building, Learning and Commitment, Evaluasi Program dan Rencana Tindak Lanjut.


Proses pembelajaran pada kegiatan tersebut menggunakan pendekatan andragogi dengan  teknik ceramah, studi kasus, diskusi, penugasan dan teknik lainnya. Sedangkan pengajarnya terdiri dari widyaiswara dan pejabat BDK Surabaya dari Kemenag setempat.


Diklat yang akan ditangani oleh panitia dari BDK Surabaya dan pegawai pada Kemenag tersebut  direncakan akan dibuka oleh Kepala kantor Kemenag pada wilayah tersebut. (AF).