Berita


Redaktur Web
2020-02-24 11:03:12
Tingkatkan Kompetensi ASN, BDK Surabaya  Buka 8 Angkatan DDWK

BDKSURABAYA – Untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah kerja Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya    kembali mulai menyelenggarakan  diklat di wilayah kerja (DDWK) untuk tahun 2020.  Terdapat 8 angkatan diklat yang diselenggarakan di 8 wilayah kerja , yaitu Diklat Teknis Substantif (DTS)  Lesson Study bagi Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs)  di Kab. Bangkalan; DTS Guru Madrasah Diniyah  yang diselenggarakan di  Kab. Madiun  dan Gresik; DTS Penilaian Pembelajaran bagi Guru Madrasah Aliyah yang tbertempat di  Kab. Malang, Kab. Jombnag dan Kab. Mojokerto; serta DDWK Pelayanan Publik di Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Madura dan IAIN Kediri. Selan DDWK Pelayanan Publik, diklat tersebut  diselenggarakan di kantor Kemenag setempat. (24/02/2020).


Diklat yang rata-rata  dibuka oleh pejabat eselon III tersebut  diikuti oleh 35 peserta pada tiap angkatan. Dalam sambutan pengarahannya, rata-rata pejabat yang membuka  mengajak kepada peserta agar mengikuti diklat dengan penuh motivasi, tertib dan disiplin. Dalam urainnya, ASN perlu terus meningkatkan kompetensinya melalui diklat agar mampu menjalankan tugasnya sebagai pelayan publik, pelaksana kebijakan publik dan perekat dan pemersatu bangsa. Sedangkan untuk guru-guru di madrasah rata-rata pejabat yang membuka berpesan agar guru mampu mengajar dengan baik, menguasai materi, mampu menyusun RPP, mampu melaksanakan penilain pembelajaran dan menguasai penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran.


Kegiatan tersebut direncanakan akan berlangsung sampai 29 Februari 2020. Selama diklat, proses pembelajaran akan diterapkan  dengan pendekatan andragogi dengan teknik ceramah, studi kasus, penugasan, tanya jawab dan diskusi kelompok.


Kegiatan pembukaan diklat tersebut rata-rata dihadiri oleh pejabat setempat yang terkait, panitia dari BDK Surabaya dan panitia lokal yang diberikan tugas ikut membantu menangani diklat. (AF).