Berita


Redaktur Web
2021-05-20 13:49:39
BDK Surabaya Selenggarakan EPP di  29 Wilayah Kerja

BDKSURABAYA –Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya  menyelenggarakan Evaluasi Pasca Pelatihan (EPP)  di 29 wilayah kerja Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur. Kegiatan tersebut  dilaksanakan pada rentang waktu tanggal 19 sampai dengan 21 Mei 2021 (20/05/2021).


Tanggal 19  Mei  2021  EPP  dselenggarakan di Kemenag Kab. Sidoarjo, Gresik dan Bangkalan.  Pada  19  sampai dengan 20 Mei, kegiatan tersebut dilaksanakan  di 13 Kemenag, yaitu Kemenag Kab.  Pasuruan, Mojokerto, Nganjuk, Tulungagung, Pamekasan, Lumajang, Magetan, Madiun, Trenggalek, Kediri Tuban, Jombang dan Kemenag Kab. Ponorogo.


Selanjutnya 20 sampai dengan 21 Mei  kegiatan EPP diselenggarakan  di 11  Kemenag yaitu,  Kab. Sumenep,  Ngawi, Bondowoso,  Blitar, Situbondo, Bojonegoro, Jember, Blitar, Malang, Probolinggo dan Lamongan. Sedngkan kegiatan EPP di Kemenag Kab.  Banyuwangi dan Pacitan  mulai 19 sampai 21 Mei 2021.


Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pelatihan jarak jauh pada Bulan April 2021. Dalam pelaksanaannya,  petugas EPP  memberikan kuesioner yang selanjutnya diisi oleh responden yang notabene sebagai  alumni peserta PJJ. Data dan informasi juga diperoleh melalui teknik wawancara mendalam dengan responden.


Kepala Balai Diklat Keagamaan Surabaya,  Japar menjelaskan agar  hasil dari  EPP bisa dipertanggungjawabkan, maka perlu dilaskanakan dengan benar. Peserta perlu mengisi kuesioner berdasarkan realita yang sesungguhnya. Selanjutnya data dianilisis dengan benar agar menghasilkan kesimpulan yang valid.


 “Semua proses EPP  perlu dilalui dengan benar, mulai dari perolehan data, analisis, sampai dengan pembuatan kesimpulan dan rekomendasi. Ketika proses RPP sudah benar, maka hasilnya dapat dijadikan referensi yang valid bagi penyelenggaraan pelatihan,"”ujarnya.


Kegiatan yang dilaksanakan rutin tiap tahun tersebut tersebut dilaksankan oleh petugas dari  BDK Surabaya. Sedangkan sampel diperoleh dengan cara acak pada tiap wilayah kerja. (AF).