Berita


Redaktur Web
2019-09-07 11:52:34
Muslimin: Guru Jadi Kunci Utama Kemajuan Pendidikan

 




BDKSURABAYA -  Kemajuan bangsa sangat ditentukan oleh mutu pendidikan sedangkan  pendidikan yang bermutu sangat dipengaruhi oleh kualitas guru.  Salah satu ciri guru yang berkualitas adalah kemampuannya mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Tanpa kemampuan tersebut ia akan tertinggal. Demikian sambutan pengarahan Kasubbag TU Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya, Muslimin saat menutup 4 angkatan diklat yang diselenggarakan di BDK Surabaya sejak 2 september lalu (07/09/2019).




“Guru jadi kunci utama kemajuan pendidikan. Dalam era komunikasi dan informasi seperti sekarang ini, guru dituntut mampu memanfaatkan  dan mengadopsi  teknologi komunikasi dan informasi selanjutnya menerapkannya dalam dunia pendidikan, seperti dalam proses pembelajaran. Tujuannya agar peserta didik mampu belajar dari beragam sumber pengetahuan, sehingga  terjadi percepatan dalam  pencapaian tujuan pendidikan,” terang Muslimin.




Menurutnya, dalam peraturan pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang guru, yang dinamakan guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi ipeserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.




Untuk menjalankan fungsinya, guru diwajibkan mempunyai kompetensi. Sedangkan kompetensi yang harus dimiliki seorang guru adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. 




Dalam penjelasan Muslimin, salah satu ukuran dalam kompetensi sosial dari guru adalah mampu menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional. Untuk itu, ia berharap agar seluruh peserta tidak gagap teknologi. Apalagi saat ini para guru menghadapi anak didik di era milenial yang sangat akrab dengan teknologi komunikasi dan informasi.(AF).