Berita


Redaktur Web
2019-10-23 12:38:17
Peserta Latsar  Ikuti Evaluasi Akademik Berbentuk Soal  Pilihan Ganda dan Pemecahan Kasus  dengan Tertib

BDKSURABAYA – Sebanyak 200 peserta Pelatihan Dasar (Latsar) bagi CPNS Golongan III di wilayah kerja Kementerian Agama di Jawa Timur yang mengikuti proses pembelajaran di Graha Widya Bhakti, Stiesia mengikuti evaluasi akademik berbentuk ujian tulis dengan soal pilihan ganda dan pemecahan kasus.  (23/10/2019).



Evaluasi akademik yang mempunyai bobot 20% dari  rangkaian evaluasi peserta tersebut  terdiri dari 10% untuk soal pilihan ganda dan 10% untuk soal pemecahan kasus. Untuk soal pilihan ganda, peserta  diberikan soal sebanyak  70 dengan waktu pengerjaan selama 90 menit. Sedangkan soal pemecahan kasus terdiri dari satu kasus terdiri dari 4 soal dengan waktu pengerjaan 90 menit.



Peserta dapat mengerjakan soal pilihan ganda tersebut melalui computer assisted test (CAT), sehingga pada akhir tes mereka dapat melihat nilainya. Untuk soal pemecahan kasus, nilai dari peserta diukur dari kualitas analisis pemecahan masalah yang ditunjukkan  melalui jawaban peserta, dengan indikator 4, yaitu; pertama, mendeskripsikan rumusan kasus dan aktor yang terlibat; kedua melakukan analisis terhadap  bentuk penerapan dan pelanggaran terhadap nilai-nilai dasar PNS serta kedudukan dan peran PNS berdasar deskripsi kasus. Juga  dampak ketika tidak diterapkannya nilai-nilai dasar PNS dan kedudukan serta peran PNS dalam NKRI. Ketiga, mendeskripsikan gagasan-gagasan  alternatif pemecahan masalah; keempat, konsekuensi penerapan dari alternatif gagasan pemecahan masalah tersebut.



Peserta ujian tampak tertib mengerjakan soal yang diberikan, bahkan beberapa peserta memanfaatkan sampai waktu berakhir karena  masih meneliti kembali pekerjaannya untuk memastikan bahwa jawaban yang diberikan benar-benar sesuai dengan pikirannya.



Menurut Kasi Diklat Tenaga Adinistrasi, Danang Eka Sandi, secara keseluruhan, evaluasi terhadap peserta diklat terdiri dari evaluasi akademik, evaluasi aktualisasi, evaluasi sikap perilaku, evaluasi penguatan kompetensi teknis bidang tugas  dan evaluasi akhir. Sedangkan evaluasi akademik untuk 160 peserta Latsar di Grand Park Hotel akan diselenggarakan pada 25 Oktober 2019.(AF).