Berita


Redaktur Web
2021-06-23 13:17:10
Berada di  Pembelajaran Tatap Muka dengan Prokes Ketat,  Makmun Hidayat Sampaikan Materi  Geometri dan Pengukuran

BDKSURABAYA – Peserta pelatihan Matematika Madasah Tsanawiyah tampak semangat  mengikuti materi geometri dan pengukuran yang disampaiklan oleh Makmun Hidayat, widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Mereka mengikuti  materi pokok yang  wajib dipahami oleh seluruh peserta.(23/06/2021).


Dalam penjelasan Makmun, geometri menjadi cabang ilmu matematika yang menjelaskan tentng   bentuk, ukuran, posisi objek dan sifat-sifat garis, bidang, sudut dan ruang.  Menuurtnya konsep penting yang tak bisa dilupakan dalam geometri adalah aksioma, titik, garis, bidang, sudut, kurva, permukaan manifold, panjang, luas dan volume, metrik dan ukuran, kesesuaian dan kesamaan, konstruksi kompas dan pembatas, dimensi serta simeteri.


Di samping menjelaskan materi, pria yang menamatkan pendidikan  S3 dari Universitas Surabaya tersebut memberikan tugas soal-soal geometri yang harus diselesaikan oleh peserta. Soal-soal tersebut tampaknya membuat peserta perlu berpikir ekstra dan mengingat kembali rumus-rumus seperti pada saat kuliah.


Beerapa trik  mengerjakan soal yang disampaikan Makmun dipadu dengan  teknik mengajarnya yang  bagus cukup membuat peserta tercerahkan dan mendapatkan sesuatu yang baru. Beberapa peserta menyatakan kepuasannya dan memandang  bahwa widyaiswara yang mengajar bisa dibilang kompeten dalam bidangnya.


Selama proses pembelajaran tersebut semua peserta, pengajar dan panitia penyelenggara menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Mereka memakai masker, mennggunakan handsanitiser,  menjaga jarak aman dan tidak berkerumun. (AF).