Berita


Redaktur Web
2019-11-13 14:47:53
Sebagian Peserta Latsar Angkatan 10 s.d 18 Dilepas Kasubbag TU

BDKSURABAYA -  Sebanyak 120 peserta Pelatihan Dasar (Latsar)  CPNS Golongan III Kementerian Agama telah usai mengikuti tahapan on campus II dan siap dilepas ke unit kerjanya masing-masing. Tahapan on campus II adalah rangkaian proses Latsar yang berisi evaluasi akademik berupa paparan laporan hasil aktualisasi  peserta selama satu bulan di tempat kerja. Di hadapan penguji, coach dan mentor, peserta memaparkan sekaligus menjawab   pertanyaan dari penguji.(13/11/2019)



Terdapat  74 peserta dari angkatan 10 s.d. 14 dan 46 peserta dari angkatan 15 s.d. 18 yang telah selesai mengikuti evaluasi aktualisasi, pada tahapan kali ini.  Dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa mereka sudah memahami bagaimana membuat aktualisasi yang sesuai dengan nilai-nilai dasar PNS dan diselaraskan dengan peran dan kedudukan PNS dalam kerangka NKRI.



Evaluasi aktualisasi tersebut menjadi bagian akhir dari  proses Latsar sehingga peserta siap kembali ke unit kerjanya masing-masing. Seperti yang dilaporakan oleh Kasi Diklat Tenaga Administrasi, Danang Eka Sandi pada upacara penutupan, peserta Latsar dinilai telah mampu menyelesaikan  proses Latsar sampai pada tahapan evaluasi aktualisasi. Karenanya, mereka siap dilepas ke unit kerjanya untuk menjalankan tugasnya sesuai dengan profesi yang diemban.



Sedangkan Muslimin, Kasubbag TU Balai Diklat Keagamaan Surabaya yang melepas secara resmi peserta Latsar menyampaikan bahwa  peserta diharapkan  mampu membawa perubahan di unit kerjanya masing-masing, menunjukkan kinerja yang tinggi dan menerapkan nilai-nilai dasar PNS, serta memahami dan menerapkan fungsi Aparatur Sipil Negara, yaitu sebagai pelayan publik, pelaksana kebijakan publik dan perekat serta  pemersatu bangsa. “Apapun profesi Anda, apakah itu guru atau dosen, Anda adalah  seorang ASN yang tak bisa lepas dari fungsi ASN,” tegasnya.(AF).