Berita


Redaktur Web
2021-04-19 10:40:43
Ratusan Guru Madrasah Ikuti PJJ di  BDK Surabaya

BDKSURABAYA -  Sebanyak 440 Guru madrasah dari Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah  di wilayah kerja Kememterian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur mengikuti pelatihan jarak jauh (PJJ)  yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya. PJJ dengan 11 angkatan tersebut dibuka secara bersamaan melalui zoom cloud meeting pada empat room oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur, Ahmad Zayadi, Kepala BDK Surabaya, Japar, Kasubbag TU BDK Surabaya, Muslimin dan  Kasi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan BDK Surabaya, Machzudi (19/04/2021).






Pada kesmepatan tersebut, pejabat yang membuka  rata-rata menyampaikan pesan bahwa saat ini PJJ menjadi sebuah keniscayaan karena  di samping   kita berada pada era revolusi industri 4.0 di mana kehidupan dipenuhi dengan pemanfaatan teknologi informasi secara menyeluruh, PJJ dipandang sangat tepat untuk kondisi pandemi covid-19. Bahkan covid-19 tampak sebagai akselerator menguatnya pemanfaatan teknologi informasi  di semua aspek kehidupan.






Selanjutnya mereka sepakat bahwa guru madrasah tidak boleh sampai tertinggal dari arus perubahan teknologi, melainkan mampu berkiprah  dan memanfaatkan teknologi informasi seoptimal mungkin dalam proses pembelajaran. Diharapkan media virtual  bisa mendorong guru di madrasah untuk  berinovasi dalam menjalankan tupoksinya sebagai pendidik sekaligus sebagai pengajar sehingga bisa berdampak pada peningkatan kompetensi peserta didik.






Pelatihan yang diikuti oleh 40 peserta pada tiap angkatan tersebut terdiri dari: PJJ Baaahasa Inggris Madrasah Tsnawaiyah (MTs), PJJ IPA MTs,  PJJ Karya Tulis Ilmiah (KTI) Madrasah Ibtidaiyah (MI), PJJ KTI MTs Angkatan I dan II, PJJ Bahasa Indonesia Madrasah Aliyah (MA), PJJ IPS MTs, PJJ Tematik MI angkatan I, II dan III dan PJJ Matematika MTs.






Kegiatan yang direncanakan akan berakhir pada 1 Mei mendatang tersebut  memanfaatkan portal PJJ BDK Surabaya dengan alamat https://pjj.bdksurabaya-kemenag.id. Untuk proses pembelajarannya menggunakan media zoom, chatting, diskusi dan penugasan terhadap peserta. (AF).