Berita


Redaktur Web
2021-04-07 21:51:43
Rakor Kediklatan  BDK Surabaya yang Dibuka oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Bahas 3 Fokus Utama

BDKSURABAYA – Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Kediiklatan bertempat di Hotel Aston, Sidoarjo. Kegiatan dengan tema ‘Lembaga Diklat Berkualitas, SDM Unggul” yang bertujuan untuk menijaring kebutuhan pelatihan dan meningkatkan kualitas pelatihan tersebut dibuka oleh Kepala Kanwil Kemeneterian Agama  (Kemenag) Provinsi Jawa Timur, Ahamad Zayadi. (07/04/2021).


Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa kegiatan rapat koordinasi penting dilakukan kaena menjadi media penjaringan kebutuhan pelatihan. Sehingga diharapkan pelaksanaan pelatihan  benar-benar tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan. Baginya pengembangan sumber daya manusia Kemenag, perlu terus dilakukan karena permasalahan semakin kompleks dan setiap Aparatur Sipil Negara dituntut mampu berkiprah dalam era revolusi industri 4.0 dan menuju 5.0.


Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag kab. Sidoarjo, Amir Sholehuddin  mengutarakan bahwa Sidoarjo memiliki potensi wisata dan produk budaya yang tidak kalah dengan daerah lain di Jawa Timur.  Beberapa situs yang menjadi tempat wisata bertebaran, terutama wissata religi dan wisata belanja. Terdapat wisata religi yang layak dikunjungi seperti candi Sumur, candi Pari,  makam Putri Ayu Dewi Sekardadu dan pura Jala Sddhi Amertha. Sedangkan wisata belanja seperti Tanggulangin yang terkenal dengan sentra kerajinan kulit.


Dalam kesempatan yang sama Kepala BDK Surabaya, Japar menjelaskan bahwa Rakor Kedilatan pada kali ini  membahas tiga fokus utama, yaitu pertama, perencanaan pelatihan untuk teknis pendidikan dan keagamaan, kedua, perencanaan pelatihan untuk tenaga administrasi dan ketiga, indentifikasi aspek inovatif dalam peningkatan kualitas pelaksanaan pelatihan.


Rakor Kediklatan tersebut diikuti oleh 120 orang berasal dari PNS dari BDK Surabaya, Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Kantor Kemenag Kab. dan Kota se- Jawa Timur, Perguruan Tinggi Aga Islam Negeri se-Jawa Timur dan 3 orang dari instansi di luar Kemenag.


Direncanakan kegiatan yang ditangani oleh panitia dari BDK Surabaya tersebut akan diakhiri pada 9 April mendatang.(AF).