Berita


Redaktur Web
2019-06-26 10:59:20
ASN BDK Surabaya Siap Berikan Layanan Terbaik kepada Peserta Diklat

BDKSURABAYA – Salah satu fungsi Aparatur Sipil  Negara (ASN) adalah sebagai pelayan publik, seperti yang tercantum dalam Undang-Undang ASN Nomor 5 Tahun 2014. Ketika  telah menjadi ASN maka memberikan pelayanan adalah menjadi sebuah keharusan, di manapun  unit kerja mereka. Demikian pernyataan rata-rata ASN Balai Diklat Keagamaan Surabaya (26/06/2019).



Seperti pernyataan Iwan Nurkholis misalnya,  ia menyadari bahwa fungsi ASN adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sehingga  ketika menjalankan tugas sebagai panitia, ia berusaha menghadirkan kepuasan kepada peserta diklat. “Kita kan bekerja di Balai Diklat sehingga  bentuk pelayanan kita terutama ya  kepada peserta diklat, di samping pelayanan terhadap rekan sekerja.”, ujarnya.



Pernyataan yang hampir sama juga disampaikan oleh Moch Ali Lutfi. Baginya ketika telah berstatus sebagai ASN, di manapun mereka bertugas   maka mereka wajib memberikan pelayanan sesuai dengan tugas dan fungsinya.  “Saat saya menjadi PNS saya sudah siap bahwa tugas saya adalah melayani masyarakat sesuai dengan UU ASN no. 5 Tahun 2014. PNS dan pelayanan adalah dua kata yang tak terpisahkan. Karena aya bekerja di Balai Diklat Keagamaan Surabaya, maka tugas saya adalah sebagai pelayan diklat, memberikan pelayanan kepada peserta diklat sebaik mungkin,” tegasnya.



Sedangkan menurut Wadi Rahmoko, yang saat ini sebagai penyusun Bahan Kerumahtanggaan menyampaikan bahwa pelayanan terhadap peserta diklat perlu bermutu, karena peserta diklat adalah orang yang memakai jasa kediklatan. “Orang atau customer kita adalah peserta diklat, sehingga ketika memberikan pelayanan kepada peserta diklat haruslah bermutu dan dengan sepenuh hati. Jika peserta puas, maka lembaga kita akan dipercaya masayarakat.



“Selain kepada peserta diklat, kita perlu memberikan pelayanan kepada rekan sekerja dalam bentuk perilaku yang menyenangkan dan membantu teman ketika mereka berada dalam kesulitan pekerjaan. Pelayanan kepada rekan kerja, seringkali kita abaikan, di samping kita disibukkan dengan pekerjaan, kita menganggap bahwa melayani teman adalah urusan kesekian.  Paahal hal tersebut sangat diperlukan dalam sebuah lembaga pemerintah, apalagi tgas kita saling terkait,” terang Ayun yang saat ini bertugas sebagai penyusun laporan keuangan. (AF).