Berita


Redaktur Web
2019-11-06 13:39:57
Memasuki Tahapan on Campus, Peserta Latsar Angkatan  ke-10 s.d 14 Ikuti Evaluasi Aktualisasi

BDKSURABAYA – Sebagian dari peserta Pelatihan Dasar (Latsar) Angkatan ke-10 s.d 14 hari ini mengikuti evaluasi aktualisasi (on campus) setelah mereka menjalankan aktualisasi di tempat kerja (off campus) mulai 6 Oktober sampai 4 November 2019.  Evaluasi aktualisasi yang bertempat di Balai Diklat Keagamaan Surabaya tersebut sebagai rangkaian akhir pelaksanan Latsar. Dari 200 peserta Latsar angkatan ke-10 s.d. 14, sebanyak 126 peserta yang mengikuti evaluasi aktualisasi. Sisanya 74 peserta akan mengikuti  evaluasi tanggal 12 November 2019 bersamaan dengan peserta dari angkatan ke-14 sampai 18 (06/11/2019).



Pada proses evaluasi aktualisasi, peserta diminta untuk mempresentasikan fokus kegiatan selama aktualisasi di hadapan coach, mentor dan penguji, dilanjutkan dengan penjelasan tambahan dari mentor dan pertanyaan dari penguji. Setiap peserta diberikan kesempatan untuk mempertahankan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan penguji.



Menurut Danang Eka Sandi, Kasi Diklat Tenaga Administrasi BDK Surabaya, indikator penilaian dari laporan aktualisasi tersebut terdiri dari tiga, yaitu kualitas pelaksanaan kegiatan, kualitas aktualisasi dan teknik komunikasi. Dalam kualitas pelaksanaan kegiatan penilaian yang diberikan sangat ditentukan dari apakah peserta  mampu melaksanakan kegiatan dan melahirkan gagasan kreatif. Untuk kualitas hasil aktualisasi dilihat dari seberapa tinggi  peserta mampu mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dan kedudukan dan peran PNS dalam NKRI. Selain itu,  apakah kegiatan peserta bermanfaat bagi  pimpinan dan stakeholdernya  dan mempunyai kontribusi positif terhadap pencapaian visi, misi dan tujuan organisasi. Juga seberapa tinggi kontribusinya  mampu memperkuat nilai organisasi. Sedangkan teknik komunikasi diukur dari  seberapa mampu peserta menjelaskan  hasil aktualisasi dengan baik dan merespon pertanyaan dari coach, mentor dan penguji.



Dari beberapa peserta yang telah memaparkan hasil aktualiasasi, terlihat bahwa rata-rata mereka telah memahami penerapan nilai-nilai dasar PNS dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Mereka mampu berkomunikasi dan mempresentasikan laporan hasil aktualisasi serta menjawab pertanyaan para penguji dengan baik. (AF).