Berita


Redaktur Web
2020-06-02 10:12:14
Ingin Tahu Materi  dari DJJ Penilaian Pembelajaran, Berikut ini Informasinya

BDKSURABAYA – Materi pelatihan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta. Seringkali materi menjadi penggugah, pemantik atau pemecut  semangat belajar peserta. Apalagi jika materi tersebut sangat dibutuhkannya.  Dengan melihat  judulnya, biasanya peserta pelatihan mampu memprediksi gambaran materinya selanjutnya mereka akan memprediksi apakah materi tersebut akan memperkaya  pengetahuannya, ataukah tidak (02/06/2020).


Dalam setiap pelatihan yang diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan Surabaya, selalu terdapat 3 macam kelompok materi yang diberikan kepada peserta, yaitu materi dasar, inti dan penunjang dengan jumlah jam pelatihan (JP) yang berbeda. Demikian juga dengan diklat jarak jauh (DJJ)  yang akan diselenggarakan pada 16 Juni  mendatang.   Jumlah total JP pada DJJ penilaian pembelajaran sebanyak 60, yang terdiri dari materi dasar 9 JP, materi inti 33 JP dan materi penunjang sebanyak 8 JP.
Kelompok materi dasar terdiri dari Pembangunan Bidang Agama, Pengembangan SDM Kementerian Agama dan Peningkatan Kualitas Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Sedangkan kelompok materi inti terdiri dari Konsep Dasar Penilaian Pembelajaran, Pemetaan Kompetensi Pembelajaran, Penilaian Kompetensi Sikap, Penilaian Kompetensi Pengatahuan, Penilaian Kompetensi Keterampilan  dan Praktik Analisis Butir Soal.
Untuk kelompok materi penunjang adalah Overview, Building Learning and Commitment (BLC), Evaluasi Program dan Rencana Tindak Lanjut.

Tujuan dari pelatihan tersebut adalah meningkatkan kemampuan peserta dalam bidang penilaian pembelajaran sehingga mereka akan bekerja secara profesional sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. (AF).