Berita


Redaktur Web
2019-10-15 02:37:35
Berikan Materi kepada Peserta Latsar, Sekjen Kemenag Uraikan 4 Fase Pencarian Kehidupan

BDKSURABAYA– Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) RI, Nurkholis  Setiawan memaparkan bahwa seorang Aparatur sipil Negara (ASN) perlu mempunyai nilai tambah sehingga akan bekerja secara profesional, sehingga ketika menjalankan profesinya, apakah menjadi guru atau dosen, ia akan menjadi guru dan dosen yang luar biasa dan banyak dicari orang. Keahlian tambahan tersbut bisa diperoleh dengan cara belajar. Pemaparan tersebut disampaikanya ketika mengisi materi di hadapan peserta Pelatihan Dasar (Latsar) angkatan ke-23 s.d. 27, betempat di Graha Widya Bhakti Stiesia Surabaya (15/10/2019).


Selain itu, menurut doktor lulusan  Bonn University, German tersebut,  pada hakikatnya kehidupan manusia adalah sebuah pencarian. Terdapat 4 fase pencarian yang  akan dialami manusia, yaitu  fase pencarian. Pertama,   pencarian pengetahuan baik yang ditempuh secara formal maupun nonformal, yaitu pengetahuan tentang diri sendiri, orang lain, lingkungan, alam dan jagad raya. Kedua, fase pencarian kebahagiaan, yaitu  naluri untuk merasakan  kenyamanan hidup dan tercukupi segala kebutuhannya. Ketiga, fase pencarian kearifan, yaitu kondisi seseorang yang sudah melewati kebahagiaan, telah tercukupi segala kebutuhannya dan selesai dengan dirinya sendiri, bijaksana dan memberikan keteduhan kepada orang lain.


Yang terakhir fase pencarian kemakrifatan, yaitu sebuah kondisi seseorang yang merupakan berkah dari sang pencipta di mana ia telah mengerti hakikat manusia, siapa dirinya, siapa Tuhannya dan senantiasa merasakan kehadiran Tuhan dalam dirinya.


Dalam pandangan profesor yang tercatat sebagai guru besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tersebut, fase pertama sampai ketiga  bisa diusahakan oleh manusia, sedangkan fase terakhir, yaitu kemakrifatan adalah merupakan hak prerogatif Tuhan. Yang diberikan kemakrifatan adalah orang-orang yang memang terpilih dan mendapatkan anugerah dari Sang Pencipta.


Penyampaian materi dari Sekjen Kemenag tersebut diikuti dengan  serius oleh  200 peserta Latsar yang rata-rata sebagai CPNS guru dan dosen. Mereka merasa bahwa materi tersebut cukup inspiratif dan memotivasi peserta untuk  menjadi PNS yang profesional. (AF).