Berita


Redaktur Web
2019-09-30 13:34:12
Buka Diklat, Toha Serukan untuk Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

BDKSURABAYA – Sebanyak 5 angkatan diklat dibuka di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Diklat tersebut terdiri dari  Diklat Teknis Substantif (DTS) Penyuluh Agama Non PNS (angkatan ke-14 dan 15), DTS Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, DTS Guru Madrasah Diniyah Angakatan ke-1 dan DTS Pengawas Madrasah Angkatan ke-2.  Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Muchammad Toha (30/09/2019).


Dalam sambutannya, Toha menyerukan dengan penuh semangat  agar peserta tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Menurutnya saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi ujian  persatuan dan kesatuan. Beberapa konflik yang mengarah pada tindakan anarkis terjadi di bagian wilayah Indonesia. Karenanya, sebagai pegawai yang bernaung di bawah Kementerian Agama (Kemenag), menurutnya seluruh peserta wajib  ikut ambil bagian dalam penciptaan persatuan, tidak justeru membawa masalah bagi Kemenag. Apalagi salah satu fungsi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tertuang dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 adalah sebagai perekat dan pemersatu bangsa.


Di samping itu, ia berharap agar peserta mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsinya di unit kerja. Saat ini masyarakat sudah semakin maju dan pandai  sehingga tuntutan terhadap profesionalitas ASN semakin tinggi. Untuk mencapai profesionalitas seperti yang diharapkan masyarakat, setiap ASN perlu mempunyai kompetensi tertentu. Maka diklat dilaksanakan agar peserta lebih profesional dalam bidangnya sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Toha juga menghimbau kepada peserta agar mengikuti segala proses yang ada sehingga ketika usai diklat mendapatkan pemahaman yang utuh tentang materi yang disampaikan para pengajar.


Upacara pembukaan yang berlangsung semarak tersebut dihadiri oleh pejabat eselon IV BDK Surabaya, koordinator widyaiswara dan panitia penyelenggara. Kelima angkatan diklat  yang diikuti sebanyak 175 peserta tersebut  direncanakan akan berakhir pada 5 Oktober mendatang. (AF).