Berita


Redaktur Web
2019-12-04 14:16:58
Lepas Peserta Latsar, Kasubbag TU Inginkan  Perubahan yang Baik

BDKSURABAYA -  Sebanyak 120 peserta pelatihan dasar (Latsar) Golongan III angkatan ke-23 s.d ke-27 Kementerian Agama dinyatakan telah usai mengikuti rangkaian kegiatan yang dimulai sejak 7 Oktober  lalu. Berakhirnya kegiatan tersebut ditandai dengan prosesi upacara pelepasan peserta oleh Kasubbag TU Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Muslimin (04/12/2019).



 Dalam sambutannya, ia menyampaikan  bahwa setelah mengkuti evaluasi aktualisasi pada 3 Desember kemarin, peserta telah melewati babak akhir dari kegiatan Latsar sehingga siap kembali ke unit kerjanya untuk melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan profesinya masing-masing. Ia berpesan bahwa apapun profesinya, setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mengikuti regulasi yang ada, tak terkecuali dosen di perguruan tinggi. Mereka diharapkan taat terhadap peraturan seperti jam kerja dan kegiatan lain yang diwajibkan oleh lembaga.



Kasubbag TU berharap setelah mengikuti Latsar, peserta mampu membawa perubahan yang baik bagi lembaganya sehingga menjadi penyumbang kinerja bagi unit kerjanya. Program aktualisasi  yang telah dilaksanakan peserta diharapkan bisa diteruskan dan menjadi kebiasaaan yang baik di lingkungan kerja. Nilai-nilai dasar PNS yang telah diterapkan pada masa habituasi bisa dilanjutkan ketika menjalankan profesinya sehari-hari. Ia yakin jika seluruh peserta  menjalankan hal tersebut, maka kinerja Kementerian Agama pada tahun-tahun mendatang akan mengalami peningkatan yang tajam.



Sedangkan Kasi Diklat Tenaga Administrasi, Danang Eka Sandi menyampaikan laporannya bahwa  selama proses pembelajaran, peserta Latsar mampu mengikuti dengan penuh kedisiplinan, sikap dan perilakunya baik, mandapatkan nilai yang baik dalam evaluasi akademik dan dinilai mampu memaparkan hasil aktualisasi. Maka seluruh peserta dinyatakan memahami dan mampu menerapkan nilai-nilai PNS yang terdiri dari akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi. Mereka juga dinilai memahami peran dan kedudukan PNS dalam NKRI dan mempunyai nilai-nilai kesiapsiagaan bela negara.  Maka mereka dipandang memenuhi standar nilai yang telah ditetapkan  dalam  Latsar.



Pelepasan peserta Latsar yang berlangsung  relatif singkat tersebut  diakhiri dengan pelepasan tanda peserta. Rata-rata peserta menampakkan keceriaannya karena telah usai mengikuti tahapan penting dalam karirnya sebagai PNS (AF).