Berita


Redaktur Web
2019-09-16 13:41:51
BDK Surabaya Selenggarakan 4 Angkatan Diklat di Kampus dan 9 Angkatan  Latsar di Luar Kampus

BDKSURABAYA -  Sebanyak 500 Aparatur Sipil Negara  (ASN)  di wilayah kerja Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur  mengikuti diklat yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya. Kegiatan tersebut diselenggarakan di  tiga tempat yaitu di kampus BDK Surabaya, di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya dan Grand Park Hotel. Sebanyak 4 angkatan diklat teknis pendidikan dengan jumlah peserta 140 orang  diselenggarakan di Balai Diklat Keagamaan Surabaya, 5 angkatan pelatihan dasar (Latsar)  golongan III dengan jumlah peserta 200 orang  diselenggarakan di Stiesia dan sisanya 4 angkatan Latsar bertempat di Grand Park Hotel Surabaya. (16/09/2019).


Kegiatan tersebut dibuka secara bersamaan di 3 tempat.  Kegiatan di BDK Surabaya dibuka oleh Kepala BDK Surabaya, Muchammad Toha, di Stiesia dibuka oleh  kasubbag TU BDK Surabaya, Muslimin; sedangkan kegiatan di Grand Park Hotel dibuka oleh Plt. Kanwil Kemenag Prov Jatim, Jamal.


Pada sambutan pengarahannya, ketiganya rata-rata memberikan motivasi sekaligus pesan-pesan kepada peserta diklat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,  mengikuti segala proses pembelajaran dengan tertib sesuai dengan  peraturan dalam diklat dan tetap menjaga semangat dan kedisiplinan dalam mengikuti proses pembelajaran.


Pembelajaran  dalam pandangan ketiganya merupakan  proses yang terus menerus bagi ASN  demi peningkatan profesionalisme  sehingga ASN mampu menjalankan fungsinya sebagai pelayan publik, penyelenggara kebijakan publik dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sedangkan pesan khusus untuk peserta Latsar golongan III, mereka diharapkan bisa menjadi PNS yang profesional di mana karakternya diwarnai dengan sikap dan perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS dan memahami  peran dan fungsi PNS dalam kerangka NKRI.


Pesan yang tak jauh beda juga disampaikan oleh Kepala Balitbangdiklat Kemenag RI, Abdurrahman Mas’ud ketika memberikan sambutan pengarahan lewat pemutaran video. Ia menyampaikan bahwa Latsar diselenggarakan dengan tujuan untuk menyiapkan CPNS menjadi PNS yaitu menjadi ASN yang profesional, religius dan moderat dan cinta NKRI. Kompetensi dasar  yang harus dimiliki  PNS yaitu mampu menunjukkan sikap bela negara dan  mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS.


Diklat yang diselenggarakan di BDK Surabaya direncanakan akan berakhir pada Sabtu mendatang, sedangkan Latsar di Stiesia dan Grand Park Hotel  akan berakhir pada 7 November 2019 dengan metode on dan off campus.  Pada 16 September s.d. 5 Oktober 2019 peserta mengikuti pembelajaran di kelas (on campus), pada 6 Oktober s.d. 4 November 2019 mereka mengikuti  aktualisasi di tempat kerja (off campus), sedangkan 5 sd. 7 November 2019 mereka kembali on campus untuk mengikuti evaluasi aktualisasi. (AF).