Berita


Redaktur Web
2020-06-19 13:35:13
Ingin Tingkatkan Kompetensi,  Peserta DJJ Antusias Ikuti Proses Pembelajaran

BDKSURABAYA –Diklat Jarak jauh (DJJ) yang dibuka di  Balai Diklat Keagamaan Surabaya   sejak 16 Juni lalu ternyata mampu memompa semangat peserta untuk belajar. Hampir semua peserta terlibat aktif dalam setiap proses pembelajaran, mulai dari pertemuan via zoom cloud meeting sampai dengan pemanfaatan menu dalam learning management system (LMS) DJJ, seperti  download materi,pengerjaan tugas, chat dan forum diskusi.(19/06/2020).


Berdasar hasil pantauan panitia pada forum diskusi dalam menu LMS menunjukkan  antusiasme peserta. Pada DJJ penilaian pembelajaran misalnya, keterlibatan peserta pada forum diskusi  relatif tinggi. Pada diskusi perbedaan penilaian dengan evaluasi peserta aktif memberikan pendapatnya.

Menurut Umi Chobsah,  peserta DJJ dari Kab. Pasuruan, antara penilaian dengan evaluasi sangatlah berbeda. “Tentunya berbeda pak, sudah tertera dalam Permendikbud 23 tahun 2016, Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Sedangkan Evaluasi adalah tindakan untuk menetapkan keberhasilan suatu program pendidikan, termasuk keberhasilan peserta pelatihan dalam program pendidikan yang diikuti.  Pengertian penilaian dan evaluasi hampir sama, bedanya dalam evaluasi berakhir dengan pengambilan keputusan sedangkan penilaian hanya sebatas memberikan nilai saja,” jelasnya.

Pendapat yang hampir sama  disampaikan oleh  Yunita Arivianti, peserta dari Kab. Magetan. “Tentu tidak sama antara penilaian dan evaluasi. Penilaian adalah prosedur yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang prestasi atau kinerja seseorang yang hasilnya akan dievaluasi. Kemudaian evaluasi adalah tindakan untuk menetapkan keberhasilan suatu program pendidikan termasuk keberhasilan peserta pelatihan dalam program pendidikan yang di ikuti, “ terangnya.


Dalam pandangan Yusri, Peserta dari Kab. Probolinggo, dilihat dari fungsinya penilaian dan evaluasi  mempunyai perbedaan. “ Penilaian merupakan salah satu faktor penting untuk menentukan keberhasilan proses dan hasil belajar. Kegiatan penilaian memberikan informasi kepada guru, yang nantinya informasi tersebut berguna untuk meningkatkan kemampuan mengajar seorang guru dalam membantu peserta didik untuk berkembang dan mencapai tujan pembelajaran secara optimal, sebab kemajuan peserta didik merupakan indikator dari tercapainya tujuan pembelajaran. Evaluasi merupakan suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk mengetahui kualitas tentang sesuatu baik dari nilai maupun arti, berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka mengambil suatu keputusan, ‘ ungkapnya.


Sedangkan menurut  Yuyun Alimatul Khusna, peserta dari Kab. Gresik, peenilaian dan evaluasi saling terkait. “Penilaian dan evaluasi saling berkaitan satu sama lain. Penilaian menjadi bagian dari evaluasi. Ruang lingkup penilaian lebih sempit dan biasanya hanya terbatas pada salah satu komponen saja sedangkan evaluasi memiliki ruang lingkup yang lebih luas dan mencakup pada semua komponen dalam suatu sistem,” urainya. (AF).