Berita


Redaktur Web
2020-10-27 10:13:11
Gali Dampak Pelatihan, BDK Surabaya Selenggarakan EPP Lagi di 14 Wilayah Kerja

BDKSURABAYA – Setelah menylenggarakan evaluasi pasca pelatihan (EPP) di 15 wilayah kerja pada rentang waktu  mulai 14 s.d 16 Oktober 2020, Balai Diklat Keagamaan Surabaya menyelenggarakan EPP  lagi di 14 wilayah kerja, yang terdiri dari Kab. Jombang, Nganjuk, Madiun, Kediri, Blitar, Gresik, Sidoarjo, Bangkalan, Sampang,  Pamekasan, Pasuruan, Malang, Probolinggo dan Kab. Lumajang. (27/10/2020).


Kegiatan yang  diselenggarakan di kantor Kemenag Kab. tersebut dibuka sekaligus ditutup oleh Kepala kantor Kemenag dan dipandu oleh petugas dari BDK Surabaya. Dalam arahannya, rata-rata  kepala Kantor Kemenag menyampaikan apresiasi pelaksanaan  EPP karena hal tersebut merupakan wujud kepedulian BDK Surabaya terhadap alumni pelatihan, yaitu ingin mengetahui secara langsung dampak pelatihan pada alumni.


Seperti yang disampaikan oleh Kepala kantor Kemenag Kab. Sidoarjo, Amir Sholehuddin, bahwa salah satu tujuan dari EPP adalah untuk melihat dampak pelatihan terhadap peningkatan kompetensi alumni dan sebagai media untuk  menjaring masukan dari stakeholder demi peningkatan kualitas pelatihan. Ia berharap agar hubungan baik dengan BDK Surabaya tetap dipertahankan dan  koordinasi pelaksanaan pelatihan terus ditingkatkan. Komunikasi dengan BDK Surabaya  secara kelembagaan maupun secara personal antar pegawai terus ditingkatkan kualitasnya  agar pelaksanaan pelatihan dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan perencanaan.


Sementara itu, petugas EPP, Aziz menyampaikan bahwa EPP menjadi babak penutup dari kegiatan pelatihan, namun digunakan sebagai langkah awal untuk perbaikan kualitas pelaksanaan pelatihan berikutnya, sehingga pelaksanaan pelatihan mampu memuaskan  dan sesuai dengan harapan stakeholder.


Kegiatan EPP tersebut dilaksanakan dengan cara menyebar 20 kuesioner kepada alumni dan atasan alumni pelatihan pada setiap wilayah kerja. Setiap resonden mengisi kuesioner yang telah dibagikan selanjutnya mengikuti wawancara  dengan petugas EPP.


Hasil dari EPP pada tiap wilayah kerja selanjutnya ditabulasi dan dikompilasi dengan wilayah lain untuk dianalisis. Hasil analisis tersebut akan mampu menggambarkan dampak pelatihan terhadap kompetensi alumni sehingga dapat dipakai sebagai rekomendasi BDK Surabaya dalam menerapkan kebijakan dalam pelatihan di saat mendatang (AF).