Berita


Redaktur Web
2021-03-15 13:26:18
BDK Surabaya akan Selenggarakan 14 Angakatan PDWK

BDKSURABAYA – Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya akan menyelenggarakan pelatihan di wilayah kerja (PDWK) secara serentak sebanyak 14 angkatan. Pelatihan tersebut akan diikuti oleh 30 peserta pada tiap angkatan atau total sebanyak 420 peserta.  Pelatihan yang tercatat sebagai kegiatan dengan peserta terbanyak dalam satu gelombang tersebut akan diselenggarakan di 12 wilayah kerja pada Kementerian Agama (Kemenag) Kab.Kota di Jawa Timur.(15/03/2021).


Kab, Sumenep, sebagai wilayah pulau Madura di bagian ujung Timur akan ditempati 2 angkatan pelatihan yaitu Pelatihan Pembelajaran Tematik MI dan Pelatihaan Penyuluh Agama Non PNS. Kab. Kediri akan menjadi tempat penyelenggaraan  Pelatihan Pembelajaran Tematik MI.  Kota. Pasuruan dipercaya sebagai tempat pelaksanaan Pelatihan Manajemen Pembelajaran Madin. Kab. Pasuruan sebagai tempat penyelenggaraan   2 angkatan yaitu  Pelatihan KTI bagi guru MI dan MTs dan Pelatihan Pembelajaran Madin. Kab. Nganjuk ditempati Pelatihan Manajemen Pembelajaran Madin. Kab. Lamongan akan menjadi tempat pelaksanaan Pelatihan TIK bagi Guru MTs.  Sedangkan  Kab. Tulungagung, Kab. Trenggalek, Kab. Sampang, Kab. Blitar dan Kab. Jember dipercaya menjadi tempat Pelatihan Moderasi Beragama dan Nasionalisme bagi ASN.


Beragam kegiatan tersebut direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 22 s.d. 27 Maret 2021 bertempat di Kemenag setempat dan atau di madrasah yang memenuhi syarat dan layak sebagai tempat pelatihan.


Proses pembelajaran akan dilaksanakan dengan pendekatan andragogi dengan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, presentasi, role playing dan diskusi. Adapun materi pelatihan terdiri dari materi dasar, materi inti dan materi penunjang sesuai dengan jenis pelatihan.


Pelatihan tersebut akan ditangani oleh panitia penyelenggara dari BDK Surabaya dibantu oleh panitia lokal pada Kemenag setempat. Sedangkan pengajarnya  bersal dari BDK Surabaya dan pejabat pada Kemenag setempat (AF).