BDKSURABAYA – Sebuah lembaga akan mampu mencapai tujuannya ketika didukung oleh pegawai yang ideal dengan kinerja yang tinggi. Paling tidak ada tiga kriteria pegawai yang ideal. Demikian penggalan arahan Kepala Balai (Kabalai) Diklat Keagamaan Surabaya,H. Japar pada apel pagi (15/05/2023).
Menurutnya pegawai yang ideal mempunyai 3 kriteria, yaitu, pertama tingkat kesalahan dalam bekerja adalah nol. Pegawai tipe ini sangat mendukung kinerja lembaga karena dengan nol kesalahan, pekerjaan akan sangat efisien. Pegawai tidak menghabiskan waktu karena tidak ada pekerjaan yang dikerjakan berulang. Di samping itu, jika terdapat kesalahan, pegawai tersebut mau bertanggung jawab dan tidak menyalahkan orang lain.
Kedua, pegawai perlu mempunyai mimpi. Mimpi yang dimaksud di sini adalah sebuah harapan dan cita-cita yang besar ketika menjadi pegawai, misalnya mimpi menjadi pegawai yang professional. Dengan mimpi tersebut pegawai akan termotivasi untuk meningkatkan kompetensi diri dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau mengikuti pelatihan, seminar dan kegiatan lain yang mampu meningkatkan kompetensi diri.
Ketiga, pegawai yang bekerja dengan sepenuh hati. Pekerjaan tidak akan terasa menjadi beban jika dijalani dengan sepenuh hati, bahkan bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan. Kinerja pegawai pun akan meningkat yang selanjutnya akan berdampak pada kinerja lembaga. Totalitas pegawai dalam bekerja tersebut juga menunjukkan bahwa pegawai mempunyai loyalitas yang tiggi pada lembaga.
Apel pagi tersebut diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara pada BDK Surabaya. Usai apel, pegawai saling bersalaman dan bermaafan (AF).