Sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pelayanan publik yang merupakan tuntutan dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi, BDK Surabaya rutin mengadakan kegiatan survei untuk melihat aspek kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan pelatihan yang telah diberikan. Pada survei periode Triwulan I Tahun 2022 publik menilai bahwa kualitas layanan publik yang diberikan oleh BDK Surabaya bermutu A atau masuk dalam kategori Sangat Baik. Dari sembilan unsur yang dinilai, delapan unsur di antaranya termasuk dalam kategori kinerja yang Sangat Baik.
Dalam periode ini, perilaku pelaksana menjadi unsur dengan perolehan Indeks Kepuasan paling tinggi yakni mencapai 3,67 atau setara dengan 91,03. Hal ini mencerminkan bahwa panitia penyelenggara dirasa telah bertindak adil, sopan, dan ramah dalam memberikan pelayanan selama pelatihan berlangsung. Selain itu, kompetensi pelaksana juga menjadi salah satu unsur yang menopang tingginya perolehan indeks kepuasan masyarakat pada periode ini. Panitia penyelenggara dianggap memiliki tingkat keahlian dan keterampilan yang baik sehingga proses penyampaian informasi dan penyelesaian layanan dapat berjalan lebih cepat dan tepat. Unsur ini memperoleh indeks kepuasan sebesar 3,61 atau berkisar pada nilai 90,14.
Baik Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan maupun Pelatihan Tenaga Teknis Administrasi keduanya mendapatkan mutu pelayanan A dengan setidaknya masing-masing dengan 5 unsur yang masuk dalam kategori kinerja Sangat Baik. Hal ini menjadi bukti bahwa seluruh elemen BDK Surabaya turut andil dan berusaha memberikan pelayanan terbaik. Bagi responden, beberapa hal yang dianggap telah sesuai dengan harapan diantaranya adalah kesesuaian materi pelatihan dengan kebutuhan peserta, narasumber yang kompeten, kedisiplinan penyelenggara, dan waktu penyelesaian yang cepat dilihat dari pembagian sertifikat tepat setelah pelatihan selesai. Dalam analisis kualitatif yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa peserta pelatihan telah puas dengan layanan yang diberikan oleh BDK Surabaya. (WT)