BDKSURABAYA – Pendamapingan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKMBK) di Kabupaten Tulungagung kali ini disampaikan melalui zoom oleh widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Ninik Supriyati. Pada kesempatan tersebut ia menyampaikan tentang materi pendampingan IKMBK secara tatap muka tanggal 21 s.d 23 Agustus 2023, penyusunan modul ajar dan persiapan praktik pembelajaran di kelas ketika pendampingan secara tatap muka. (09/08/2023).
Ia menjelaskan bahwa untuk modul ajar pada kurikulum merdeka yang akan jadi panduan guru pada saat mengajar, sebaiknya berisi poin-poin yang telah ada pada form telaah modul ajar yang disampaikan ke peserta. Poin-poin tersebut meliputi indentitas modul, kompetensi awal dan profil pelajar Pancasila, sarana dan prasarana, target peserta didik, model pembelajaran, komponen pembelajaran, skenario pembelajaran, rancangan penilaian pebelajaran, pembelajaran pengayaan dan lampiran.
Menurutnya, dalam identitas modul perlu dituliskan nama guru, kelas, fase dan mata pelajaran. Sedangkan sarana dan prasarana meliputi kesesuaian dan ketepatan penggunaan fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Juga kesesuaian dan ketepatan penggunaan materi dan sumber bahan ajar lain yang relevan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Sedangkan target peserta didik, meliputi materi dan strategi untuk peserta didik baik regular, peserta didik dengan kesulitan belajar dan dengan pencapaian tinggi. Untuk model pembelajaran meliputi tatap muka dan pembelajaran jarak jauh.
Terkait komponen pembelajaran berisi ketepatan tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik dan persiapan pembelajaran.
Dalam penjelasan Ninik, untuk skenario pembelajaran berisi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Untuk kegiatan pendahuluan memuat orientasi, motivasi dan apersepsi. Kegiatan inti berisi kegiatan memfasilitasi siswa untuk mengamati, mendengar dan menyimak, mendorong siswa untuk bertanya, membimbing siswa untuk menguumpulkan informasi atau eksplorasi dalam rangka menjawab pertanyaan, menyimpulkan data dan informasi yang terkumpul serta mengomunikasikan.
Pada kegiatan penutup berisi kegiatan guru dalam membimbing siswa dalam merangkum materi pelajaran, membimbing siswa untuk merefleksikan kegiatan pembelajaran dan memberikan umpan balik.
Sedangkan dalam rancangan penilaian memuat kesesuaian bentuk, teknik dan instrumen penilaian formatif dengan tujuan pembelajaran, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dan kesesuaian kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dengan pendekatan deskripsi, rubrik, atau interval.
Di samping itu, dalam modul ajar juga memuat pembelajaran remedial dan pengayaan. Pembelajran remedial disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana, dan media pembelajaran. Bentuknya bisa berupa pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok dan tutor sebaya.
Kegiatan pendampingan tersebut diikuti oleh madrasah 5 madrasah yang masuk dalam komunitas Implementasi Kurikulum Merdeka di wilayah kerja kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung.(AF).