Surabaya, 14 November 2024 – Kementerian Agama (Kemenag) menekankan pentingnya akselerasi peningkatan kinerja untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik, dengan peran strategis setiap ASN yang baru direkrut. Pembina apel, Danang Eka Sandi, S.Sos., M.M., dalam sambutannya pada apel pagi hari ke-4 Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Kemenag pada Kamis, (14/11/24), menegaskan bahwa setiap individu memiliki peran penting dalam mendorong kemajuan. “Akselerasi peningkatan kinerja ini bukan hanya tugas pimpinan, tetapi melibatkan kita semua, apapun peran kita,” ujar Danang kepada peserta apel.
Danang menjelaskan bahwa rekrutmen ASN di Kementerian Agama tidak hanya bertujuan untuk menambah jumlah tenaga kerja, tetapi sebagai langkah terarah untuk memperkuat kualitas dan efisiensi pelayanan publik, khususnya di sektor pendidikan. “Kami terus membuka formasi di sektor-sektor yang membutuhkan penguatan, terutama dalam bidang pendidikan, agar pelayanan dapat semakin optimal,” jelas Danang.
Lebih lanjut, Danang mengingatkan peserta Latsar bahwa masyarakat memiliki harapan besar pada pelayanan publik, dan akan selalu membandingkan kinerja tersebut dengan standar internasional yang semakin mudah diakses. Perbandingan ini, katanya, sering kali menunjukkan “gap” atau kesenjangan yang signifikan. Karena itu, kehadiran ASN baru diharapkan dapat membawa akselerasi untuk mengejar ketertinggalan dan memiliki strategi jangka panjang untuk menjembatani kesenjangan tersebut.
Danang menegaskan bahwa ASN baru harus membawa perubahan dan inovasi dalam setiap tugas yang dijalankan, bukan sekadar menjalankan rutinitas. “Kita diharapkan dapat melampaui ekspektasi masyarakat dengan meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik dan lebih responsif,” ujarnya menutup amanat.
Apel pagi ini diikuti oleh peserta Latsar CPNS Kemenag yang merupakan bagian dari upaya Kemenag dalam mempersiapkan ASN yang kompeten dan siap menghadapi tantangan dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik. Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan apel sebagai bagian dari komitmen Kemenag untuk meningkatkan kualitas layanan di setiap sektor.