Pada apel pagi yang diadakan pada Senin, (3/2/25), seluruh pegawai BDK Surabaya mendapatkan arahan langsung dari Kepala BDK Surabaya, Dr. H. Japar, M.Pd. Dalam kesempatan tersebut, beliau mengajak seluruh pegawai untuk memulai bulan Februari dengan semangat baru melalui inovasi pelatihan yang lebih efisien dan kreatif, serta memperkuat semangat kebangsaan di lingkungan kerja.
Kabalai menyampaikan pentingnya efisiensi anggaran dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan, sesuai dengan Instruksi Presiden R.I. Nomor 1 Tahun 2025 yang menekankan pengelolaan anggaran yang lebih bijaksana. “Lembaga pelatihan harus memutar otak agar tetap bisa menjalankan kegiatan pengembangan kompetensi dengan cara yang lebih fleksibel, seperti melalui bimtek dan workshop. Ini adalah langkah penting untuk mengatasi keterbatasan anggaran,” jelas beliau.
Selain itu, beliau juga menginformasikan hasil dari sinkronisasi data SIMDIKLAT yang dilaksanakan pekan lalu. Ditemukan bahwa para PIC di daerah mengalami kesulitan dalam mendapatkan calon peserta pelatihan, terutama untuk pelatihan klasikal. Hal ini menjadi perhatian serius yang perlu segera diteliti dan dicari solusinya agar kegiatan pelatihan tetap dapat dilaksanakan dengan optimal.
Japar juga menyampaikan informasi terkait Surat Edaran (SE) No. 1 Tahun 2025 yang mengatur tentang Memperdengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Sesuai dengan edaran tersebut, mulai Februari 2025, setiap pegawai BDK Surabaya akan mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada pukul 10.00 WIB pada hari Senin dan Kamis, Naskah Pancasila pada hari Selasa dan Jumat, serta Naskah Panca Prasetya Korpri pada hari Rabu. Hal ini bertujuan untuk memperkuat rasa nasionalisme dan kebanggaan terhadap negara di lingkungan BDK Surabaya.
“Lagu kebangsaan dan naskah-naskah ini akan menjadi pengingat bagi kita semua untuk senantiasa mencintai tanah air dan mengingat nilai-nilai luhur yang harus kita junjung dalam menjalankan tugas sehari-hari,” tambahnya.
Dengan semangat baru yang dibawa dalam apel pagi tersebut, diharapkan seluruh pegawai BDK Surabaya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan lebih baik dan penuh dedikasi. Inovasi dalam pelatihan serta penguatan semangat kebangsaan diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan dan pengembangan kompetensi di BDK Surabaya. (d)